Penggunaan Hukuman Denda dalam Implementasi Kesantunan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas 6 (MI Nurul Ikhsan)
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14557Keywords:
Hukuman Denda, Kesantunan Berbahasa, AturanAbstract
Hukuman denda pada siswa memiliki tujuan untuk menegakkan disiplin dan mendorong siswa untuk mematuhi aturan sekolah. Metode penelitian yang digunakan yaitu post positivism dengan jenis Simple Research Design (SRD). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu aturan yang di buat meliputi kewajiban siswa untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik, sopan, dan tidak kasar. Pelanggaran aturan ini akan dikenakan hukuman denda berupa uang atau permen. Hukuman denda ini bertujuan untuk memberikan efek jera dan memperbaiki perilaku siswa. Dampak penerapan aturan dan hukuman denda telah memberikan dampak positif dalam mengurangi penggunaan bahasa kasar oleh siswa.
References
Abbas, A., Andriani, M. W., & Kusuma, R. S. (2023). Analisis Strategi Guru dalam Upaya Menanamkan Karakter Disiplin terhadap Siswa di UPTD SD Negeri Batokorogan 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 6941–6952.
Admelia, M., Farhana, N., Nurmalia, L., & Koyimah, K. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1654. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i6.8555
Amelia, N., & Dafit, F. (2023). Strategi Guru dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 142–149. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.59956
Anggraini, T., Wulandari, A., Bella, H. S., & Anggraini, T. W. (2023). Dampak lingkungan sosial terhadap perkembangan psikologi anak. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 216–225.
Ansel, M. F., & Nduru, M. P. (2020). Pendampingan Siswa Sdk Ende 2 Untuk Pencegahan Dan Pengurangan Perilaku Bullyng. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 59–64. https://doi.org/10.37478/mahajana.v1i1.720
Bungin. (2022). Post-Qualitative Social Research Methods: Kuantitatif-Kualitatif-Mix Methods.
Elia. (2021). ANALISIS PENERAPAN DENDA TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM BERBAHASA ARAB DI MAN 2 BIREUEN. 1(1), 58–76. file:///C:/Users/nurul/Downloads/91-Article Text-193-1-10-20210814.pdf
Hanum, F., & Thalita, I. (2023). Seputar hukuman di sekolah. 89–96.
Husna, A., Nuraini, N., & Marhamah, M. (2022). Penanaman Karakter Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegraan. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(2), 419–428. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4368
Imanellya, A. S. M., & Fradana, A. N. (2024). Perkembangan Teknologi dan Praktik Kesantunan Berbahasa di Sekolah Dasar. 10(2), 1483–1492.
Kinesti, R. D. A., Ummatin, K., Zumaroh, I., Nisa, N. C., Nugrahen, I., & Pratiwi, M. A. (2021). Penerapan Nilai Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Al-Ma’soem. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(04), 286–292. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i04.67
Leech, N., Leech, T., & Linguistics, G. (1985). Principles of Pragmatics. Journal of Linguistics, 21(2), 459–470. https://doi.org/10.1017/S0022226700010367
Liani, A., & Dafit, F. (2023). Kesantunan berbahasa dalam pembelajaran Siswa di kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6798–6807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5779
Maguire, & Delahunt. (2017). Doing a Thematic Analysis: A Practical. Step-by-Step Guide, 9.
Mahmudi, A. G., Irawati, L., & Soleh, D. R. (2021). Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Berkomunikasi dengan Guru (Kajian Pragmatk). Deiksis, 13(2), 98. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i2.6169
Musbikin, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin - I. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=9BVtEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=disiplin+adalah+merupakan+cara+masyarakat+mengajar+anak+perilaku+moral+yang+disetujui+kelompok+(Hurlock,+2002:+82).+&ots=9XqkAsVs9P&sig=GtVu46hMJ59e6n91lb4Wel4T49E&redir_esc=y#v=o
N. Leech Geoffrey. (2014). The Pragmatics of Politeness - Google Books.
Nisrina, A. M., Prasetyoningsih, L. S. A., & Wicaksono, H. (2020). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KARANGAN TEKS ANEKDOT SISWI KELAS X MA NURUL ULUM MALANG. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Pérez Dávila, J. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 21(1), 1–9.
Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019–1027. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2067
Primantiko, R., Santoso, G., Candra, T. E., & Widodo, L. (2023). Sikap Mematuhi dan Tidak Mematuhi Aturan yang Berlaku di Rumah dan di Sekolah Kelas 2 Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ). Jurnal Pendidikan Transformatif ( JPT ), 02(04), 166–182.
Puspita, O. N., Shalahuddin, A. H., & Setyaningrum, R. F. (2024). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar di Era Globalisasi. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 1547–1553. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.906
Rahardi, K. (2005). Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga (p. 182).
Rasmitadila Teguh Prasetyo, Widyasari Widyasari, D. (n.d.). Persepsi Guru Pembimbing Khusus terhadap Manfaat Model Strategi Pembelajaran Berbasis Sistem Pembelajaran Alamiah Otak (SiPAO) bagi Siswa Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif. Oct 18, 2021, Vol. 8(Vol. 8 No. 2 (2021): Didaktika Tauhidi : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 17. https://doi.org/10.30997/dt.v8i2.4383
Rohmah, N., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 150. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30308
Rohmah, R. A. (2023). Kepribadian Ideal dalam Islam Perspektif Pemikiran Prof Dr. Buya Hamka dan Relevansinya dengan Kepribadian Muslim pada Abad 21. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/23822
Siahaan, N. A., & Tantu, Y. R. P. (2022). Penerapan Peraturan dan Prosedur Kelas Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1682
Siyoto, & Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing.
Subakti, A., Yanti, S., Purwandari, E., Hartatik, & Sulistianingsih, E. (2024). PEMBERIAN PUNISHMENT SEBAGAI WUJUD PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA Agung. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 09, 5–24. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Susanti, R. (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa Dalam Proses Pembelajaran Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 61–67. https://doi.org/10.24176/jino.v6i1.7757
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61.
Wulandari, R. . A. (2023). PENGARUH PEMBERIAN HUKUMAN TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 106162 MEDAN ESTATE DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. IJEB: Indonesian Journal Education Basic, 01(01), 39–48. https://jurnal.academiacenter.org/index.php/IJEB/article/view/24/44
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurul hasya, Rasmitadila; Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.