Peran Perencanaan dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Aktif dan Menarik
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13282Keywords:
Perencanaan Pembelajaran, Pembelajaran Aktif, Keterlibatan SiswaAbstract
Perencanaan merupakan langkah awal pada proses pembelajaran, karena karena memberikan arahan kepada guru tentang bagaimana melakukan pembelajaran di kelas. Rencana pembelajaran yang sistematis dan terstruktur berperan penting dalam membuat proses belajar mengajar menjadi aktif dan menarik bagi siswa. Guru harus merencanakan sebaik mungkin sebelum pembelajaran berlangsung, karena pembelajaran yang mereka lakukan akan mempengaruhi karakter moral dan kapasitas intelektual murid-murid mereka. Melalui perencanaan yang matang, guru dapat memperjelas tujuan pembelajaran, merancang kegiatan interaktif yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menyiapkan materi dan media pembelajaran yang sesuai. Merencanakan kegiatan pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik pembelajaran dan kebutuhan siswa akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih relevan, kontekstual, dan menarik bagi mereka. Perencanaan yang matang dapat membantu guru membuat kelas yang aktif dan menarik bagi siswa. Proses pembelajaran disusun melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dengan perencanaan yang matang membantu guru untuk menentukan tujuan pembelajaran, membuat kegiatan pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif, serta menyiapkan bahan dan media pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan tersebut. Dengan perencanaan yang matang, guru dapat mengantisipasi kemungkinan kendala dan mengembangkan strategi untuk mengatasinya. Rencana pembelajaran yang komprehensif memungkinkan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendorong partisipasi dan motivasi siswa serta mendorong tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Rencana pembelajaran ini memberikan panduan untuk pembelajaran yang berkualitas dan mendukung pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan yang matang memungkinkan guru dapat menentukan tujuan pembelajaran, membuat kegiatan belajar dimana siswa dapat berpartisipasi aktif dan mempersiapkan bahan ajar dan media.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1).
Fakhrurrazi, F. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fauzan, & Maulana Arafat Lubis. (2020). Perencanaan Pembelajaran Di SD/Mi Dilengkapi Tutorial Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013.
Lase, F. (2020). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 149–157. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.22
Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). PERENCANAAN PEMBELAJARAN (MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK). 02(01).
Mawardi, M. (2019). OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859
Nasution, W. N. (2017). PERENCANAAN PEMBELAJARAN: PENGERTIAN, TUJUAN DAN PROSEDUR.
Puspitorini, P. (2022). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Optimalisasi Mengajar Guru Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4649–4655. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1080
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). PERAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PENGAJARAN. 7(1).
Sabrina, naya, & Sya, M. F. (2024). Konsep Perencanaan Pembelajaran dan Model Pengembangan Perangkat Desain Pembelajaran. 3.
Sutomo. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI UPT SDN PETAHUNAN I KECAMATAN GADINGREJO KOTA PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. 3.
Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zira Putri Faradila
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.