Peran Perencanaan dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Aktif dan Menarik

Authors

  • Zira Putri Faradila Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13282

Keywords:

Perencanaan Pembelajaran, Pembelajaran Aktif, Keterlibatan Siswa

Abstract

Perencanaan merupakan langkah awal pada proses pembelajaran, karena karena memberikan arahan kepada guru tentang bagaimana melakukan pembelajaran di kelas. Rencana pembelajaran yang sistematis dan terstruktur berperan penting dalam membuat proses belajar mengajar menjadi aktif dan menarik bagi siswa. Guru harus merencanakan sebaik mungkin sebelum pembelajaran berlangsung, karena pembelajaran yang mereka lakukan akan mempengaruhi  karakter moral dan kapasitas intelektual murid-murid mereka. Melalui perencanaan  yang matang, guru dapat memperjelas tujuan pembelajaran, merancang kegiatan interaktif yang memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif, serta menyiapkan materi dan media pembelajaran yang sesuai. Merencanakan kegiatan pembelajaran yang mempertimbangkan karakteristik pembelajaran dan kebutuhan siswa akan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih relevan, kontekstual, dan menarik bagi mereka. Perencanaan yang matang dapat membantu guru membuat kelas yang aktif dan menarik bagi siswa. Proses pembelajaran disusun melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dengan perencanaan yang matang membantu guru untuk menentukan tujuan pembelajaran, membuat kegiatan pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif, serta menyiapkan bahan dan media pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan tersebut. Dengan perencanaan yang matang, guru dapat mengantisipasi kemungkinan kendala dan mengembangkan strategi untuk mengatasinya. Rencana pembelajaran yang komprehensif memungkinkan guru untuk menciptakan lingkungan belajar yang  mendorong partisipasi dan motivasi siswa serta mendorong tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Rencana pembelajaran ini memberikan panduan untuk pembelajaran yang berkualitas dan mendukung pelaksanaan pembelajaran. Perencanaan yang matang memungkinkan guru dapat menentukan tujuan pembelajaran, membuat kegiatan belajar dimana siswa dapat berpartisipasi aktif dan mempersiapkan bahan ajar dan media.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1).

Fakhrurrazi, F. (2018). HAKIKAT PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fauzan, & Maulana Arafat Lubis. (2020). Perencanaan Pembelajaran Di SD/Mi Dilengkapi Tutorial Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013.

Lase, F. (2020). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 149–157. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.22

Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). PERENCANAAN PEMBELAJARAN (MENINGKATKAN MUTU PENDIDIK). 02(01).

Mawardi, M. (2019). OPTIMALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 20(1), 69. https://doi.org/10.22373/jid.v20i1.3859

Nasution, W. N. (2017). PERENCANAAN PEMBELAJARAN: PENGERTIAN, TUJUAN DAN PROSEDUR.

Puspitorini, P. (2022). Peran Perencanaan Pembelajaran dalam Optimalisasi Mengajar Guru Bahasa Inggris. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 4649–4655. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1080

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). PERAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PENGAJARAN. 7(1).

Sabrina, naya, & Sya, M. F. (2024). Konsep Perencanaan Pembelajaran dan Model Pengembangan Perangkat Desain Pembelajaran. 3.

Sutomo. (2017). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI UPT SDN PETAHUNAN I KECAMATAN GADINGREJO KOTA PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. 3.

Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20

Downloads

Published

2024-05-15

How to Cite

Faradila, Z. P. (2024). Peran Perencanaan dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Aktif dan Menarik. Karimah Tauhid, 3(5), 6046–6053. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13282
Abstract viewed = 11 times