Perkembangan Emosi dan Bahasa Terhadap Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13985Keywords:
Perkembangan Emosi, Bahasa, Anak Sekolah DasarAbstract
Fokus penelitian ini adalah pada perkembangan emosi dan kemampuan berbahasa pada anak sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini menyoroti pentingnya pendidikan dasar sebagai landasan bagi pendidikan menengah. Bahasa memainkan peran penting dalam membentuk masa depan anak, dan perkembangan kognitif berkaitan erat dengan perkembangan bahasa. Untuk mengumpulkan data penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan dengan menggunakan wawancara guru, tinjauan literatur, dan studi literatur sebagai metode pengumpulan data. Temuan penelitian ini menunjukkan adanya korelasi antara aktivitas psikologis dan perubahan kognitif dengan pertumbuhan emosional siswa muda di sekolah dasar. Emosi digambarkan sebagai mekanisme internal yang berfungsi sebagai peringatan, yang berdampak pada berbagai aspek kehidupan individu sehari-hari. Selain itu, pengembangan keterampilan bahasa pada anak-anak mempunyai arti penting karena memfasilitasi komunikasi yang efektif dan artikulasi ide dan emosi mereka.
References
Apriliyanti, R. N. (2022). Kesiapan Belajar Anak TK dan SD Kelas 1 di Sekolah Bogor Raya Ditinjau dari Faktor Perkembangan Fisik dan Motorik, Kognitif, Bahasa dan Sosial Emosional. Jurnal Teropong Pendidikan, 2(1), 53. https://doi.org/10.19166/jtp.v2i1.5326
Ardita, S., Selian, F. H., Siregar, N. S., & Sabila, F. H. (2023). Pengaruh Perkembangan Intelektual, Sosial, Dan Bahasa Remaja Terhadap Tingkah Laku Siswa Di Sd Negeri Kandang Mbelang Kabupaten Aceh Tenggara. Pema (Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 3(1), 50–57. https://doi.org/10.56832/pema.v3i1.323
Awliyah, R., Suyadi, S., Jannah, F. R., & Mustofa, A. (2021). Aspek Perkembangan Bahasa Anak pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1), 99. https://doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1045
Desrinelti, D., Neviyarni, N., & Murni, I. (2021). Perkembangan siswa sekolah dasar: tinjauan dari aspek bahasa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 105. https://doi.org/10.29210/3003910000
Dewi, M. P., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.1-11
Diananda, A. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Membantu Perkembangan Emosi Positif Dan Perilaku Sosial Anak. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(2), 123–140. https://doi.org/10.33853/jecies.v1i2.89
Erisa Kurniati. (2017). Perkembangan Bahasa Pada Anak Dalam Psikologi Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 4.
Fadhilah. (2023). PERKEMBANGAN EMOSI ANAK. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandir, 09, 893–901.
Fata, N., Shalihah, N. M., & Abidah, N. (2022). Pengaruh Perkembangan Bahasa Anak Sekolah Dasar Terhadap Kognitif Anak. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1065. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1175
Fitriyani, Sumantri, M. S., & Supena, A. (2018). Gambaran Perkembangan Berbahasa pada Anak dengan Keterlambatan Bicara (Speech Delay): Study Kasus pada Anak Usia 9 Tahun Kelas 3 SD di SDS Bangun Mandiri. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 59–64.
Ilham, I. (2020). Perkembangan Emosi Dan Sosial Pada Anak Usia Sekolah Dasar. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 162–180. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.562
Julrissani, J. (2020). Karakteristik Perkembangan Bahasa dalam Berkomunikasi Siswa Sekolah Dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 72–87. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.296
Kholila, A., Hidayah, F., Indar Rahman, K., Nurmawati, N., & Syukri Sitorus, A. (2023). Analisis Evaluasi Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Kegiatan Pengenalan Rasa. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 40–48. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.277
Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.
Merianti, L., & Nuine, E. A. (2018). Analisis Hubungan Perkembangan Emosional Anak Umur 8 – 12 Tahun Terhadap Kejadian Sibling Rivalry. Jurnal Endurance, 3(3), 474. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.3242
Nasution, F., Fitri, R. I., Safitri, I., & Ritongga, A. N. (2024). Perkembangan Kognitif dan Bahasa. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(3), 131–142.
Nasution, F., Maharani, P., Ritonga, N., & Fadillah, F. (2023). Perkembangan Kognitif dan Bahasa Pada Anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 251–263. http://search.jamas.or.jp/link/ui/2014143423
Nordin Tahir. (2019). Teori perkembangan. Perkembangan Kendiri, 2019(1), 1–15.
SHAABAN, I., El-sayad, H. I., El-GHALY, A. E., MOUSSAC, S., Sanchez, D., Masonry Standards Joint Committee, American Concrete Institute, Structural Engineering Institute, Masonry Society (U.S.), Superior, C., Cient, I., Commons, L. C., Howland, J. J., Martín, A. R., Mathematics, A., Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., Ltda, K., … Industriales, T. (2001). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI). Revista EIA, 5(1), 349. http://bdigital.unal.edu.co/56221/1/80255551.2017.pdf%0Ahttp://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S106345
Silawati, E. (2012). STIMULASI GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA ANAK USIA DINI Endah Silawati 1. Cakrawala Dini Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 16.
Siregar, R. R. (2024). Perkembangan Bahasa Pada Anak Sekolah Dasar/ Mi. Jurnal Sains Student Research, 2(1), 376–382. https://doi.org/10.61722/jssr.v2i1.586
Sugiarto. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 4, Issue 1).
Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(2), 77–90. https://doi.org/10.14421/jga.2020.52-05
Yolanda, F. (2018). Perkembangan Kognitif Anak Usia Belum Enam tahun Bersekolah di SD X. 1–19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dina Mawar Iswara, Ummu Atiya Zahro, Sobrul Laeli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.