Presepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris

Main Article Content

Ummu Atiya Zahro
Greeceka Sekar Andiar
Siti Aidah

Abstract

Bahasa yang paling banyak di pakai di banyak negara adalah bahasa Inggris dan juga menjadi salah satu dari bagian Bahasa dari berbagai negara-negara dan dipakai dengan resmi dan meluas, pembelajaran Bahasa Inggris masih sangat diperlukan. Observasi ini dilakukan untuk menyelidiki apa presepsi mahasiswa akan penerapan pembelajaran Bahasa inggris. Penelitian ini menggunakan metedo kualitatif, penelitian ini melibatkan beberapa mahasiswa dari Universitas Djuanda Bogor. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa pertanyaan yang diajukan kepada mahasiawa dan dilanjutkan dengan menganalisa data yang terkumpul kemudian diambil hasil akhir. Ternyata hasil dari observasi ini menunjukan mayoritas respon mahasiswa memiliki tanggapan yang positif terhadap pembelajaran Bahasa inggris.  Ternyata beberapa factor yang berpengaruh terhadap ketertarikan siswa pada pembelajaran Bahasa inggris diantaranya yaitu motivasi mahasiswa dalam mempelajari Bahasa Inggris, faktor guru dalam mengajar, dan usaha atau aktivitas ketika belajar. Banyak mahasiswa yang masih mengalami kesusuhan dalam mempelajari dan mengingat kosa kata dan juga struktur Bahasa Inggris. Harapan untuk hasil observasi ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk para pendidik untuk melakulan proses perbaikan dalam pembelajaran Bahasa Inggris agar bisa menambah kemampuan para siswa untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Article Details

How to Cite
Zahro, U. A. ., Andiar, G. S. ., & Aidah, S. (2024). Presepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(3), 3414–3421. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12645
Section
Articles

References

Arifai, A. (2018). KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(1). https://doi.org/10.48094/raudhah.v3i1.21

Creswell, J. W. (2019). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). English Language Teaching, 12(5).

Makkawaru, M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Kehidupan dan Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Konsepsi, 8.

Meisani, D. R. (2021). Persepsi Siswa terhadap Penerapan Bahasa Inggris sebagai Muatan Lokal di Sekolah Dasar. Didaktika, 1(2).

Mulyati, M. (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan Dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Alim | Journal of Islamic Education, 1(2). https://doi.org/10.51275/alim.v1i2.150

Musthafa, B. (2010). Teaching English to Young Learners in Indonesia: Essential Requirements. Educationist, IV(2).

Santosa, R. B. (2018). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1). https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). KESULITAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR Delfina Christie Sondakh, Mega Febriani Sya. Karimah Tauhid, 1.

Sugiyono (2011:188). (2015). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta. Sugiyono (2011:188), 151.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10). https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1). https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Tantra, D. K., Mahayanti, N. W. S., & ... (2014). Pengaruh motivasi belajar dan sikap bahasa terhadap prestasi belajar keterampilan berbahasa mahasiswa jurusan pendidikan bahasa inggris. Seminar Nasional ….