Metode Pembelajaran yang Sesuai untuk Peserta Didik

Main Article Content

Dina Mawar Iswara
Pelita Bayhaqi A

Abstract

Guru harus menentukan strategi dan metode inovatif untuk mendukung proses belajar karena belajar adalah aktivitas interaktif dan edukatif. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis berbagai pendekatan pembelajaran yang umum digunakan dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari berbagai teknik yang sering digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Dengan mengumpulkan sejumlah data dan menganalisisnya, penulis berharap pembaca akan memahami dan memahami tujuan penelitian ini. Dalam kegiatan belajar, metode pembelajaran harus aktif, kreatif, dan semenarik mungkin. Metode pembelajaran aktif dan kreatif mencakup pemilihan satu atau beberapa metode pembelajaran yang sesuai dengan topik pokok materi dan melibatkan seluruh warga belajar secara aktif dan kreatif. Guru sering menggunakan metode ceramah dalam kegiatan belajar mereka. Demonstrasi, metode belajar yang kreatif, memungkinkan peserta didik melihat dan memahami objek. Pendidik juga sering menggunakan metode diskusi, praktikum, dan studi kasus. Penulis berharap untuk memberikan wawasan tentang metode pembelajaran yang paling efektif untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran dengan keunikan setiap siswa sehingga memaksimalkan potensi pembelajaran dan pencapaian akademis.

Article Details

How to Cite
Iswara, D. M. ., & A, P. B. (2024). Metode Pembelajaran yang Sesuai untuk Peserta Didik. Karimah Tauhid, 3(5), 5984–6013. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13270
Section
Articles

References

Ahyat, N. (2017). EDUSIANA : Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam. Edusiana : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 67–85. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.442

Apriani, Y., Sya, M. F., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Djuanda, U. (2024). DALAM MEMANFAATKAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS V SDN PAJAJARAN BOGOR ANALYSIS OF STUDENTS ’ HIGH LEVEL THINKING ABILITIES IN UTILIZING YOUTUBE AS AN ENGLISH LEARNING MEDIA IN CLASS V. 2(2), 88–98.

Febriani Sya, M., Nurani, A. fatwa, & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas penggunaan picture series dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Journal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–20.

Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71–86.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama islam [The role of learning methods on interest and learning achievement in Islamic religious education]. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168.

Muharam, A., Nursyahbani, A., Firdaus, D. N., Farhanah, R., & Mustikaati, W. (2023). Jenis Model Dan Metode Pembelajaran Yang Digunakan Pada Tematik 4 Di Kelas 3 Sd Plus 3 Al-Muhajirin. Jurnal Sinektik, 5(2), 179–190. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8211

Mulyatiningsih, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nurhikmah, I., Widyasari, & Sya, M. F. (2019). Peran Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru. E-Journal Skripsi: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 95–113.

Ramayulis. (2010). Berbagai Metode Mengajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 9(2), 2.