Pengaruh Gaya Mengajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa

Main Article Content

Pelita Bayhaqi Al Ansor
Dina Mawar Iswara
Diska Damayanti

Abstract

Pendidikan adalah hal yang sering  dilakukan oleh setiap orang dikehidupannya sehari hari. Proses pembelajaran melibatkan guru dan siswa, dimana keduanya tidak bisa dipisahkan. Guru mempunyai tanggung jawab yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Menjadi guru harus memiliki banyak ide untuk memodifikasi keterampilan agar sesuai dengan tingkat pemahaman siswa. Cara mengajar guru menentukan keberhasilan yang di terima oleh peserta didik. Gaya mengajar guru yang monoton dan flat akan menyebabkan siswa bosan, kurang semangat dalam belajar dan hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Metode penelitian yang digunakan yaitu wawancara kepada beberapa mahasiswa Universitas Djuanda dan dari artikel pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh gaya belajar guru sangat mempengaruhi hasil akhir belajar siswa, banyak mahasiswa menyukai pembelajaran yang beragam, menyenangkan serta serius tapi santay. Gaya mengajar seorang guru dapat memberikan dampak yang yang signifikan terhadap prestasi akademik siswa.

Article Details

How to Cite
Ansor, P. B. A., Iswara, D. M. ., & Damayanti, D. (2024). Pengaruh Gaya Mengajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa. Karimah Tauhid, 3(4), 4209–4217. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12594
Section
Articles

References

Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus di MA Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454.

Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 1(4), 461–467.

Isnaini, M., Kusuma, D., & Noviani, L. (2015). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Uns. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 1–20. https://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/17968

Lubis, A. F. (2017). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA Ahmad Fauzi Lubis. I(1), 119–129.

Mazeni, I., & Hasmadi, H. (2017). Gaya pengajaran dalam kalangan guru tabika kemas di Kelantan. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 6(Special Issue), 1–15. https://ejournal.upsi.edu.my/journal/JPAK

Mulyono, H. (2018). KEPEMIMPINAN (LEADERSHIP) BERBASIS KARAKTER DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN PERGURUAN TINGGI. 3(1), jurnal penelitian pendidikan sosial humaniora.

Noor, T. (2018). Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf. Universitas Singaperbangsa Karawang, 20, 123–144.

Nugrahani, F. (2014). METODE PENELITIAN KUALITATIF dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1).

Putri, A., & Sya, M. F. (2023). Tantangan Berbicara Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(2), 510–516.

Ramafrizal, Y., & Julia, T. (2018). Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, II. https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i2.4149

Sari, T. K. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash di SD Negeri 4 Metro Barat. Metodologi Penelitian Terapan, 161. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/608/1/Temu Kurnia Ambar Sari_1501050137_PGMI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf

Sim, S. H., & @ Ewan Mohd Matore, M. E. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Gaya Pengajaran Grasha-Riechmann dalam kalangan Guru: Sorotan Literatur Bersistematik. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(11), 54–70. https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i11.536

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Most read articles by the same author(s)