Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Berdasarkan Pola Pembelajaran di Sekolah Menengah

Authors

  • Dina Mawar Iswara Universitas Djuanda
  • Diska Damayanti Universitas Djuanda
  • Pelita Bayhaqi A Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12408

Keywords:

Kemampuan, bahasa, Pola, Menengah, Pembelajaran, Mahasiswa

Abstract

Bahasa Inggris yang digunakan siswa sejak sekolah dasar menjadi topik diskusi yang menarik. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang populer di banyak bidang, seperti teknologi, bisnis, dan pendidikan. Oleh karena itu, keterampilan bahasa Inggris yang baik sangat penting bagi siswa. Dalam situasi seperti ini, penerapan bahasa Inggris sejak sekolah dasar sangat penting karena membantu siswa menjadi lebih baik dalam berkomunikasi sejak dini. Pendekatan pembelajaran dalam penerapan bahasa Inggris sejak sekolah dasar dapat mencakup pengajaran tata bahasa, kosa kata, dan keterampilan mendengarkan dan berbicara. Selain itu, penerapan bahasa Inggris sejak sekolah dasar juga dapat membantu siswa menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan bahasa Inggris. Mahasiswa akan menjadi lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain jika mereka sering berbicara dalam bahasa Inggris, terutama dalam lingkungan di mana bahasa Inggris adalah bahasa utama komunikasi. Selain itu, belajar bahasa Inggris sejak sekolah dasar juga memungkinkan lebih banyak peluang pendidikan di masa depan. Dengan menguasai bahasa Inggris sejak dini, siswa akan lebih siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau mengikuti program pertukaran pelajar internasional. Namun, penting untuk diingat bahwa pengajaran bahasa Inggris sejak sekolah dasar harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anakMereka akan lebih tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan akan lebih mudah memahami bahan melalui pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif. Oleh karena itu, penting bagi sekolah dan guru untuk mendorong siswa untuk belajar bahasa Inggris sejak sekolah dasar karena ini memiliki banyak manfaat bagi siswa. Selain membantu mereka mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepercayaan diri, itu juga membuka lebih banyak peluang pendidikan di masa depan.

References

Arianti, A. (2017). Analisis Kebutuhan Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Non Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Publikasi Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, edisi 61(September 2018), 50–52.

Emiliasari, R. N., & Kosmajadi, E. (2019). Students’ Perceptions of Learning English. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(1), 35–42. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/153

Inggris, B., & Efektif, S. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. 2, 147–156.

No Title. (2018). 3(2).

Roinah, R. (2019). Problematika Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Stain Bengkalis. Quality, 7(1), 153–166. https://doi.org/10.21043/quality.v7i1.4966

Santosa, R. B. (2018). Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris: Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Surakarta. Jurnal Ilmiah Didaktika, 18(1), 87. https://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3089

Siahaan, S. W., Sianipar, K. D. R., & Zer, P. P. P. A. N. W. F. I. R. H. (2020). Penerapan Algoritma C4 . 5 Dalam Meningkatkan Kemampuan. 13(2), 229–239.

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 9–10. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7818/3511

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Fahrimal, Y., Jhoanda, R., & Von, J. W. (2020). Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa. 2(2).

Vol, J. S. (2010). No Title. 1(1), 1–14.

Wardah, W. (2016). Pembelajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi Islam dalam Konteks Esp (English For Spesific Purpose). Al-Hikmah, 10(2), 205–218. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v10i2.618

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Iswara, D. M. ., Damayanti, D., & A, P. B. (2024). Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Berdasarkan Pola Pembelajaran di Sekolah Menengah. Karimah Tauhid, 3(3), 3297–3305. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12408
Abstract viewed = 12 times