Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar : Inovasi untuk Meningkatkan Pembelajaran

Main Article Content

Farhany Zahra Qurrota’ainy
Nur Nisfisana
Rahayu Anggraeni
Siti Nurharirah

Abstract

Setiap sekolah tentu saja memerlukan inovasi Pendidikan dalam kegaitan belajar mengajar setiap tahunnya. Inovasi sangatlah dibutuhkan oleh tenaga Pendidikan karena tenaga pendidikan bertanggungjawab akan pendidikan anak bangsa. Inovasi juga berfungsi sebagai cahaya perubahan dalam dunia pendidikan.   Terkadang inovasi hanya berfokus pada metode pembelajaran serta hasil nilai akhir akademik siswa saja. Permasalahan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak serta karakter peserta didik dalam pembelajaran dikelas pun masih luput kita lupakan untuk kita perhatikan. Adanya penelitian ini guna untuk mengetahui adanya program “student record” yang diinovasi oleh salah satu wali kelas di SDN 02 Ciawi. Dalam penelitiannya penulis menggunakan metode kualitatif dengan Intrumen dalam pengumpulan data menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi.  di SDN 02 Ciawi pada sampel kelas 5B yang berjumlah 29 siswa . Peneliti menemukan keberhasilan wali kelas 5 di SDN 02 Ciawi terhadap inovasi yang ia lakukan dengan menggunakan buku “Student Record” guna membangun keterlibatan orangtua serta karakter peserta didik di sekolah.

Article Details

How to Cite
Qurrota’ainy, F. Z., Nisfisana, N., Anggraeni, R., & Nurharirah, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar : Inovasi untuk Meningkatkan Pembelajaran. Karimah Tauhid, 3(1), 859–865. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11125
Section
Articles

References

Aminullah, M. (2022). HUBUNGAN TEKNOLOGI DENGAN INOVASI PENDIDIKAN [Preprint]. Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/p87k9

Ananda, R., & Amirudin. (2017). INOVASI PENDIDIKAN: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. CV. Widya Puspita Jln. Keadilan/ Cemara, Lorong II Barat No. 57 Sampali Medan CP: 081397477666 - 081361699291.

Fauzi, O. D., & Sartika, B. S. (2020). PROFIL PERAN GURU SD DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DARI RUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 5 Nomor 2 Desember 2020. https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3312

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). INOVASI PENDIDIKAN: UPAYA PENYELESAIAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 1(2). https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Prasrihamni, M., Marini, A., Nafiah, M., & Surmilasari, N. (2022). INOVASI PENDIDIKAN JENJANG SEKOLAH DASAR DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL.

Rusdiana, D. H. A. (n.d.). KONSEP INOVASI PENDIDIKAN.

Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Yunianika, I. T. (2023). YouTube Sebagai Media Pengembangan Kemahiran Bahasa Inggris: Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. 24(2).

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19