Penerapan Model Pembelajaran Poject Based Learning (PJBL) Pada Pelajaran IPAS : Teknik Eco Printing

Main Article Content

Wiworo Retnadi Rias Hayu
Rahayu Anggraeni

Abstract

Eco Printing adalah teknik pencetakan tekstil yang inovatif dan ramah lingkungan yang
menggunakan tumbuhan, daun dan bahan alami lainnya untuk mentransfer pola dan warna
ke kain. Teknik ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif industri tekstil terhadap
lingkungan, dengan menggantikan bahan kimia sintetis dengan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui. Teknik ini menggabungkan prinsip-prinsip keberlanjutan dan teknologi
canggih untuk menciptakan solusi pencetakan yang lebih ramah lingkungan. Penelitian ini
mencakup implementasi bahan-bahan ramah lingkungan, seperti dedaunan, bunga dan
kayu. Selain itu, konsumen yang semakin sadar lingkungan juga dapat memilih produk
cetakan yang dihasilkan dengan menggunakan teknik Eco Printing. Namun masih banyak
Masyarakat yang belum memiliki kesadaran terhadap sampah-sampah organik seperti
dedaunan ini. Mereka menganggap sampah organik ini akan hilang jika dibakar atau
dikubur, tetapi yang sebenarnya terjadi adalah bisa menimbulkan pencemaran lingkungan.
Oleh karena itu, lebih baik dimanfaatkan untuk membuat produk Eco Printing. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini
menggunakan 1 Narasumber yaitu Guru Kelas 4. Setelah melakukan penelitian yang
menghasilkan bahwa terdapat penerapan model PJBL yang termasuk didalamnya terdapat
projek P5 pada pembelajaran IPAS kelas 4 yang menggunakan teknik Eco Printing untuk
menghias tas totebag. Kegiatan ini diprakarsai oleh peserta didik sendiri. Dikarenakan setiap
hari jum’at peserta didik sering membawa alat sholat, maka guru berinisiatif untuk membuat
tas totebag ini dengan menggunakan teknik Eco Printing.

Article Details

How to Cite
Hayu, W. R. R., & Anggraeni, R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Poject Based Learning (PJBL) Pada Pelajaran IPAS : Teknik Eco Printing. Karimah Tauhid, 3(3), 2673–2684. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12558
Section
Articles

References

Agustin, A., Widodo, B. S. A., Prayogo, D. A., Wijayanti, E., Fajriyah, L. R., Salsabil,

R. A., Briliatna, R. T., Pratiwi, S., Novianti, R., & Ediyanto. (2023). Batari

Training (Batik Gutta Tamarind and Ecoprinting) to Improve Vocational Skills

of Learners at Anavah Homeschooling. Jurnal Pengabdian Masyarakat

Formosa, 2(5), 335–344. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i5.6061

Aryani, I. K., Wijanarko, R. B., & Purwandari, R. D. (2022). Teknik Eco Print Ramah

Lingkungan Berbasis Ekonomis Kreatif Dalam Upaya Menciptakan SDM

Masyarakat Mandiri Pasca Pandemi COVID 19 Untuk Anggota Pimpinan

Ranting Aisyiyah (PRA) Desa Karang Cegak Kecamatan Sumbang

Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).

Hikmah, R., & Sumarni, R. A. (2021). Pemanfaatan Sampah Daun dan Bunga Basah

menjadi Kerajinan Ecoprinting. Jurnal Abdidas, 2(1), 105–113.

https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.225

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (n.d.). PENGARUH PROJECT BASED

LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS,

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.

Rohimah, S. I., Hayu, W. R. R., & Suherman, I. (2022). HUBUNGAN KEGIATAN

BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK

Karimah Tauhid, Volume X Nomor X (202X), e-ISSN 2963-590X | Author

SEKOLAH DASAR. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 149–164.

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2488

Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019). PEMANFAATAN BAHAN ALAMI

UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK ECOPRINT DI DUKUH IV CERME,

PANJATAN, KABUPATEN KULONPROGO. Warta LPM, 21(2), 18–26.

https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6761

Sholikhah, R., Widowati, W., & Nurmasitah, S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN

ECOPRINT PADA IBU-IBU PKK DI KELURAHAN GUNUNGPATI KOTA

SEMARANG. Fashion and Fashion Education Journal, 10(2), 81–85.

https://doi.org/10.15294/ffej.v10i2.50612