Penerapan Model Pembelajaran Poject Based Learning (PJBL) Pada Pelajaran IPAS : Teknik Eco Printing
Main Article Content
Abstract
Eco Printing adalah teknik pencetakan tekstil yang inovatif dan ramah lingkungan yang
menggunakan tumbuhan, daun dan bahan alami lainnya untuk mentransfer pola dan warna
ke kain. Teknik ini bertujuan untuk mengurangi dampak negatif industri tekstil terhadap
lingkungan, dengan menggantikan bahan kimia sintetis dengan sumber daya alam yang
dapat diperbaharui. Teknik ini menggabungkan prinsip-prinsip keberlanjutan dan teknologi
canggih untuk menciptakan solusi pencetakan yang lebih ramah lingkungan. Penelitian ini
mencakup implementasi bahan-bahan ramah lingkungan, seperti dedaunan, bunga dan
kayu. Selain itu, konsumen yang semakin sadar lingkungan juga dapat memilih produk
cetakan yang dihasilkan dengan menggunakan teknik Eco Printing. Namun masih banyak
Masyarakat yang belum memiliki kesadaran terhadap sampah-sampah organik seperti
dedaunan ini. Mereka menganggap sampah organik ini akan hilang jika dibakar atau
dikubur, tetapi yang sebenarnya terjadi adalah bisa menimbulkan pencemaran lingkungan.
Oleh karena itu, lebih baik dimanfaatkan untuk membuat produk Eco Printing. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini
menggunakan 1 Narasumber yaitu Guru Kelas 4. Setelah melakukan penelitian yang
menghasilkan bahwa terdapat penerapan model PJBL yang termasuk didalamnya terdapat
projek P5 pada pembelajaran IPAS kelas 4 yang menggunakan teknik Eco Printing untuk
menghias tas totebag. Kegiatan ini diprakarsai oleh peserta didik sendiri. Dikarenakan setiap
hari jum’at peserta didik sering membawa alat sholat, maka guru berinisiatif untuk membuat
tas totebag ini dengan menggunakan teknik Eco Printing.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustin, A., Widodo, B. S. A., Prayogo, D. A., Wijayanti, E., Fajriyah, L. R., Salsabil,
R. A., Briliatna, R. T., Pratiwi, S., Novianti, R., & Ediyanto. (2023). Batari
Training (Batik Gutta Tamarind and Ecoprinting) to Improve Vocational Skills
of Learners at Anavah Homeschooling. Jurnal Pengabdian Masyarakat
Formosa, 2(5), 335–344. https://doi.org/10.55927/jpmf.v2i5.6061
Aryani, I. K., Wijanarko, R. B., & Purwandari, R. D. (2022). Teknik Eco Print Ramah
Lingkungan Berbasis Ekonomis Kreatif Dalam Upaya Menciptakan SDM
Masyarakat Mandiri Pasca Pandemi COVID 19 Untuk Anggota Pimpinan
Ranting Aisyiyah (PRA) Desa Karang Cegak Kecamatan Sumbang
Kabupaten Banyumas. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1).
Hikmah, R., & Sumarni, R. A. (2021). Pemanfaatan Sampah Daun dan Bunga Basah
menjadi Kerajinan Ecoprinting. Jurnal Abdidas, 2(1), 105–113.
https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.225
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (n.d.). PENGARUH PROJECT BASED
LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, KREATIVITAS,
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS, DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI.
Rohimah, S. I., Hayu, W. R. R., & Suherman, I. (2022). HUBUNGAN KEGIATAN
BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK
Karimah Tauhid, Volume X Nomor X (202X), e-ISSN 2963-590X | Author
SEKOLAH DASAR. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 149–164.
https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2488
Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2019). PEMANFAATAN BAHAN ALAMI
UNTUK PENGEMBANGAN PRODUK ECOPRINT DI DUKUH IV CERME,
PANJATAN, KABUPATEN KULONPROGO. Warta LPM, 21(2), 18–26.
https://doi.org/10.23917/warta.v21i2.6761
Sholikhah, R., Widowati, W., & Nurmasitah, S. (2021). PELATIHAN PEMBUATAN
ECOPRINT PADA IBU-IBU PKK DI KELURAHAN GUNUNGPATI KOTA
SEMARANG. Fashion and Fashion Education Journal, 10(2), 81–85.