Analisis Digitalisasi dan Pembiasaan Peserta Didik Sebagai Bentuk Pembelajaran Inovatif di SDN Pasawahan

Main Article Content

Rahayu Anggraeni
Nur Nisfisana
Siti Nurharirah
Farhany Zahra Qurota’aini

Abstract

Digitalisasi di dalam dunia Pendidikan memang harus dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran yang inovatif di sekolah tersebut. Seorang Guru harus bisa mengikuti perkembangan zaman agar tidak tertinggal oleh peserta didik yang cepat dalam menguasai teknologi. Selain Digitalisasi, pembiasaan juga menjadi sebuah bentuk inovasi yang bertujuan untuk menumbuhkan karakter peserta didik. Pembentukan karakter peserta didik tidak cukup hanya dengan belajar saja tetapi harus ada pembiasaan juga. Namun, dalam pelaksanaan suatu program pasti terdapat hambatan. Dalam digitalisasi terhambat oleh koneksi jaringan, tidak mampu menggunakan teknologi dan tidak memiliki alat  teknologi. Sedangkan dalam pembiasaan biasa terhambat oleh kedisiplinan dan kekonsistenan dalam menjalankan pembiasaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui program inovasi apa saja yang dilaksanakan serta untuk mengetahui manfaat teknologi sebagai pembelajaran inovatif dan bagaimana hal tersebut membentuk kebiasaan positif pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan 2 Narasumber yaitu Guru Kelas 4 dan Guru Kelas 5. Setelah melakukan penelitian yang menghasilkan bahwa terdapat Program Digitalisasi berupa sistem PPDB online (Curi Cara), Perpustakaan Digital, Ujian Online, Program OMG dan pengadaan Proyektor setiap kelas. Dan juga terdapat Pembiasaan setiap hari sebagai bentuk inovasi dengan tujuan pembentukan karakter yang dilakukan di SDN Pasawahan. 

Article Details

How to Cite
Rahayu Anggraeni, Nisfisana, N., Nurharirah, S., & Qurota’aini, F. Z. . (2024). Analisis Digitalisasi dan Pembiasaan Peserta Didik Sebagai Bentuk Pembelajaran Inovatif di SDN Pasawahan. Karimah Tauhid, 3(1), 965–980. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11060
Section
Articles

References

Ananda, R., & Amirudin. (2017). INOVASI PENDIDIKAN: Melejitkan Potensi Teknologi dan Inovasi Pendidikan. CV. Widya Puspita Jln. Keadilan/ Cemara, Lorong II Barat No. 57 Sampali Medan CP: 081397477666 - 081361699291.

Cristiana, E. (2021). DIGITALISASI PENDIDIKAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM. 3.

Goldstein, O. (2016). A project-based learning approach to teaching physics for pre-service elementary school teacher educ. Cogent Education.

Halimatuzzuhrotulani, B. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dalam Diskusi Dengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI SD Negeri 2 Suralaga 2019/2020. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65–85. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.286

Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Jurnal Sinestesia, Vol. 12(Vol. 12, No 1 (2022)). file:///C:/Users/User/Downloads/161-Article%20Text-244-1-10-20220818.pdf

Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684

Mardiana, N., Majalawang, G. S. N., Datar, G. S. N., & Kristen, G. S. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA GUNA MENINGKATKAN TERAMPIL MEMBACA DAN MENULIS LANJUT DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. 4(2).

Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Yunianika, I. T. (2023). YouTube Sebagai Media Pengembangan Kemahiran Bahasa Inggris: Eksperimen pada Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. 24(2). https://doi.org/10.33830/jp.v24i2.6150.2023

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Wulandari, R., Santoso, S., & Ardianti, S. D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak Di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3839–3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312