Analisis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran: Bentuk Inovasi Pendidikan di Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Pendidikan merupakan jalan utama dalam upaya mencerdaskan bangsa. Dalam pendidikan tidak akan terlepas dari adanya suatu inovasi. Namun dengan semakin berkembangnya zaman diperlukan suatu inovasi yang dapat mengikuti perkembangan zaman. Penggunaan teknologi merupakan suatu inovasi yang dapat dilakukan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam mengenai analisis penggunaan teknologi dalan pembelajaran sebagai bentuk inovasi pendidikan di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriftif yaitu dengan teknik wawancara. Dari hasil wawancara di dapatkan hasil bahwa inovasi yang dilakukan di SD tempat penelitian dilakukan yaitu berupa penggunaan teknologi, Jenis teknologi yang di gunakan yaitu berupa pernggunaan media pembelajaran seperti Power point, video digital dan aplikasi untuk mengerjakan kuis. Penggunaan teknologi memberikan pengaruh baik seperti menjadikan pembelajaran lebih efektif dan menarik. Terdapat kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan teknologi ini yaitu kurangnya waktu dan kurangnya fasilitas.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2021). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2).
Firmansyah, E. (2019). PENERAPAN TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PENDIDIKAN. 2.
Fuad, D. R. S. M., Musa, K., & Hashim, Z. (2020). Innovation culture in education: A systematic review of the literature. Management in Education, 36(3), 135–149. https://doi.org/10.1177/0892020620959760
Helaluddin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. PENDAIS, 1(Nomor 1).
Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). INOVASI PENDIDIKAN: UPAYA PENYELESAIAN PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 1(2). https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Kartakusumah, B., Sya, M. F., & Maufur, M. (2022). Task and Feedback-Based on English learning to Enhance Student Character. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4684
Kristiawan, M., Suryanti, I., & Muntazir, M. (2018). INOVASI PENDIDIKAN. WADE GROUP National Publishing.
Maulana, S., Sya, M. F., Mawardini, A., & Yunianika, I. T. (2023). YouTube as a Media for Developing English Proficiency: Experiments on Elementary School Students in Indonesia. Jurnal Pendidikan, 24(2), 93–100. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2/6150.2023
Putri, D. P. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 37. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.439
Rahman, A., & Nuryana, Z. (2019). Di Era Revolusi Industri 4.0. Komojoyo Press.
Rusdiana, D. H. A. (n.d.). KONSEP INOVASI PENDIDIKAN.
Santos, H., Batista, J., & Marques, R. P. (2019). Digital transformation in higher education: The use of communication technologies by students. Procedia Computer Science, 164, 123–130. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.12.163
Surani, D. (2019). STUDI LITERATUR : PERAN TEKNOLOG PENDIDIKAN DALAM PENDIDIKAN 4.0. 2.
Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19
Tekege, M. (2017). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN SMA YPPGI NABIRE. JURNAL FATEKSA: Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1).