Keselarasan Komunikasi Vertikal dan Horizontal di PT Tajur Surya Abadi

Main Article Content

Dyah Ayu Gitaswari
Ali Alamsyah Kusumadinata
Sukarelawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi keselarasan komunikasi vertikal dan horizontal dalam meningkatkan kinerja karyawan di PT Tajur Surya Abadi. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menganalisis bagaimana komunikasi antara pimpinan dan karyawan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan instruksi, pengarahan, penilaian, penghargaan, kerja sama, konsultasi, rapat kerja, kritik, dan saran merupakan faktor penting dalam meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini juga menemukan bahwa penyampaian arahan yang jelas dan penggunaan umpan balik konstruktif oleh pimpinan dapat mengurangi kesalahpahaman dan meningkatkan efektivitas kerja karyawan. Selain itu, penghargaan dan motivasi karyawan melalui tunjangan serta kegiatan gathering dianggap efektif untuk meningkatkan motivasi dan loyalitas karyawan. Penelitian ini memberikan insight kepada manajemen PT Tajur Surya Abadi untuk mengoptimalkan komunikasi vertikal dan horizontal dalam rangka peningkatan kinerja karyawan. Diharapkan penelitian selanjutnya dapat lebih menjelajahi perspektif konsumen dalam konteks yang sama untuk memperkaya pemahaman mengenai keselarasan komunikasi dalam organisasi.

Article Details

How to Cite
Gitaswari, D. A. ., Kusumadinata, A. A., & Sukarelawati. (2024). Keselarasan Komunikasi Vertikal dan Horizontal di PT Tajur Surya Abadi. Karimah Tauhid, 3(4), 4461–4472. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12779
Section
Articles

References

Akilah, F., & Rahman, D. (2020). Telaah Fungsional Konsepsi Insentif Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 187-196.

Armstrong, M. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan Oleh Sofyan Cikmat Dan Haryanto. . Jakarta: Pt Elex Media Komputindo.

Basit, L. (2018). Fungsi Komunikasi. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan. . Aceh : Institut Agama Islam Negeri (Iain) Langsa.

Bilolo, A. (2022). Pengaruh Akuntabilitas Dalam Prinsip-Prinsip Good Governance Terhadap Kinerja Organisasi Di Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Unhas.

Darmawan, D. (2022). Budaya Organisasi, Kepemimpinan Dan Komitmen: Determinan Efektivitas Organisasi Yang Akurat. . Tin: Terapan Informatika Nusantara, 3(7), 260-266.

Evelina, L. W. (2014). Komunikasi Vertikal Dan Horizontal Dalam Membentuk Gaya Kepemimpinan Berbasis Kearifan Lokal: Studi Pada Binus University. . Humaniora, 5(1), 445-454.

Fonvielle, W., & Carr, L. (2001). Gaining Strategic Alignment: Making Scorecards Work. Us: Chicago Press.

Lubis, A. Y. (2014). Filsafat Ilmu: Klasik Hingga Kontemporer. Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Mangkunegara, A. P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja. Rosdakarya.

Muktamar, A., Saputra, A., Zali, M., & Ugi, N. B. (2024). Mengungkap Peran Vital Kepemimpinan Dalam Manajemen Sdm: Produktivitas, Kepuasan Kerja, Dan Retensi Tenaga Kerja Yang Berkualitas. Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(2), 9-19.

Prasetijowati, T., & Sari, D. (2021). Peran Komunikasi Organisai Ketua Himapura Dalam Meningkatkan Motivasi Berorganisai Anggota Himpunan Mahasiswa Administasi Publikm Universitas Bhayangkara Surabaya. Intelektual (E-Journal Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi), 8(2), 99-106.

Simbolon, F., Hasbiyah, D., & Kusumadinata, A. A. (2023). Keterampilan Komunikasi Petugas Survey Pendataan Penduduk. Karimah Tauhid, 2(5), 1266–1273. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i5.9809

Suherlan, G. (2022). Peranan Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Pt. Triwijaya Abadi Perkasa. Tanggerang: Retrieved From Http://Repositori.Buddhidharma.Ac.Id.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>