ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGY INVENTORY FOR LANGUAGE LEARNING (SILL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Yuriva Andara
Putri Liani Azzahra

Abstract

Rendahnya pemahaman kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Dasar tentu membuat guru berfikir keras bagaimana Strategi yang akan digunakan seorang guru. SILL merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tahap penelitian yang pertama dengan menggunakan SILL dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat dilihat bahwa kemampuan bahasa Inggris siswa dapat dilihat dari strategi yang paling banyak digunakan siswa. Pada penelitian ini terdapat satu strategi yang paling banyak digunakan yakni strategi metakognitif dimana siswa dapat lebih memahami bahasa Inggris melalui membaca buku, bertanya, dan mendengarkan. Sedangkan strategi yang paling sedikit digunakan yaitu strategi memori dan kompensasi dimana strategi tersebut dilakukan dengan cara mengingat pembelajaran ataupun pembelajaran tidak dilakukan secara konkret. Selain itu siswa sulit memahami kosa kata bahasa Inggris dengan cara mempraktikan langsung kata yang baru ia dengar sebab siswa kurang terlatih dalam berbahasa asing. Tahap penelitian yang kedua dengan test QPT (Quick Placement Test). Terdapat hasil bahwa dalam pembelajaran bahasa Inggris, perempuan lebih unggul daripada laki-laki.

Article Details

How to Cite
Yuriva Andara, & Putri Liani Azzahra. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGY INVENTORY FOR LANGUAGE LEARNING (SILL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR. Karimah Tauhid, 2(5), 2128–2141. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9448
Section
Articles

References

Alderson, C. (2001). European Language Testing in a Global Context. Barcelona: Cambridge University Press.

Khoiriah, T. (2015). Strategi Pembelajaran Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Pada Manusia. Jurnal Pengajaran MIPA , 177.

Made Susini, E. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Service Journal, 38.

Mufidah, N. (2017). Strategi Belajar Berbicara Bahasa Inggris. Banjarmasin : IAIN ANTASARI PRESS.

Noermanzah, I. M. (2019). Pemilihan Strategi Pembelajaran Bahasa yang Efektif dan Tepat pada Pendidikan Dasar sebagai Wujud Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 199.

Purwanto, M. B. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Skor TOEIC Mahasiswa Politeknik Darussalam. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 143.

Rachman, S. A. (2020). Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 152.

Russel, A. (2010). Assessment of Strategy Inventory of Language Learning (SILL) in Students Learning a Second. Universitas of Tennesse at Chattanooga, 1-3.

Samsul Anwar, I. S. (2019). Laki-laki atau Perempuan Siapa yang Lebih Cerdas Dalam Proses Belajar? Sebuah Bukti Dari Pendekatan Analisis Survival. Jurnal Psikologi, 282 dan 293.

Saragih, S. L. (2009). Penggunaan Strategi Belajar Bahsa Inggris Ditinjau dari Motivasi Intrinstik dan Gaya Belajar. Psikobuana, 116.

Septa Lestari Saragih, d. A. (2009). Penggunaan Strategi Belajar Bahasa Inggris Ditinjau dari Motivasi Intrinsik dan Gaya Belajar. Psikobuana, 112.

Sya, M. F. (2016). Child-Friendly Environment In Education for Children Wellbeing. Publikasiilmiah, 300.

Sya, M. F. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris. AL-KAFF JURNAL SOSIAL, 3.

Sya, Mega Febriani & Helmanto, Fachri. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi, 72.

Tri Wiratno, R. S. (2014). Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Modul Pengantar Linguistik Umum, 1.

Vrettou, A. (2011). Language Learning Strategy Use by Elementary School Students of English in Greece. Language Learning/Teaching-Education, 411.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.