Prefalensi Pemilih Muda dalam Partisipasi Politik di Tahun 2024

Main Article Content

Ali Alamsyah Kusumadinata
Undang Suryatna

Abstract

Pemiluhan umum berlangsung pada 14 Februari 2024, tentunya mayoritas saat ini pemilih di kuasai ada rentang usia muda.  Meskipun demikian usia muda memiliki kecenderungan yang unik karena afiliasi yang belum terlihat dan begitu banyak noise informasi yang terjebak dalam informasi yang bersifat hoak. Oleh karena itu dalam artikel ini bertujuan melihat prefalensi pemilih muda dalam menentukan pilihan dalam pencoblosan di tanggal 14 Februari 2024. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif di Kota Palembang dengan responden 100 orang secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilih lebih condong informasi pada media sosial dan peran keluarga dalam menentukan pilihan serta lingkungan kediaman pemuda tersebut berada. Hal ini menandakan adanya keterlibatan masyakata dalam sosialisasi primer melaui spanduk, banner memiliki perbanding yang lurus terhadap sistem lingkungan yang terjadi di masyarakat dalam membentuk persepsi pemilih. Minimnya budaya dialog dengan calon anggota legislatif dan eksekutif (presiden) membuat informasi diperoleh dalam media sosial ataupun televisi yang merupakan bagian dari media sekunder dalam informasi. Kemampuan kritis masyarakat yang lemah terhadap pengambilan keputusan membuat arti pembangunan tidak terjadi dalam mengisi pembangunan kelak.  Oleh karena itu diharapkan orang muda mampu membangun dialog dan diskusi kepada anggota legislatif dan timnas dan tims sukses dari calon eksekutif mampu memberikan harapan baru bagi Indonesia ke depan.

Article Details

How to Cite
Kusumadinata, A. A., & Suryatna, U. . (2024). Prefalensi Pemilih Muda dalam Partisipasi Politik di Tahun 2024. Karimah Tauhid, 3(2), 1456–1465. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11772
Section
Articles

References

Bodok. (2023). Jumlah DPT Kota Palembang Pemilu 2024 Berjumlah 1.225.548 Pemilih, Suara Sumsel Akan Ada Perubahan. Https://Palembang.Tribunnews.Com/. Https://Palembang.Tribunnews.Com/2023/06/21/Jumlah-Dpt-Kota-Palembang-Pemilu-2024-Berjumlah-1225548-Pemilih-Suara-Sumsel-Akan-Ada-Perubahan

Farisa, F. H. (2023). 8 Metode Kampanye Pemilu 2024: Debat Hingga Iklan Di Media Massa. Https://Nasional.Kompas.Com/. Https://Nasional.Kompas.Com/Read/2023/07/12/13034811/8-Metode-Kampanye-Pemilu-2024-Debat-Hingga-Iklan-Di-Media-Massa

Fitrianti, D. (2023). Ahead Of 2024 Indonesian Elections: Young Voters Advised To Fact-Check Information. Https://Ugm.Ac.Id/. Https://Ugm.Ac.Id/En/News/Ahead-Of-2024-Indonesian-Elections-Young-Voters-Advised-To-Fact-Check-Information/

Iswanto, D., & Pamungkas, D. B. (2023). Increasing Public Participation In The 2024 Elections: A Stakeholders Mapping Analysis Approach. Journal Of Transformative Governance And Social Justice, 1(2), 55–67. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26905/Jtragos.V1i2.9854

Kemendagri. (2023). KPU Tetapkan Jadwal Kampanye Hingga Masa Tenang Pemilu 2024. Https://Polpum.Kemendagri.Go.Id/. Https://Polpum.Kemendagri.Go.Id/Kpu-Tetapkan-Jadwal-Kampanye-Hingga-Masa-Tenang-Pemilu-2024/

Muhtadi, B. (2019). Politik Uang Dan New Normal Dalam Pemilu Paska-Orde Baru. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 5(1), 55–74. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32697/Integritas.V5i1.413

Putri, N. E. (2017). Dampak Literasi Politik Terhadap Partisipasi Pemilih Dalam Pemilu. Jurnal Agregasi, 5(1), 51 – 71.

Romadhona, J. M., Kusumadinata, A. A., & Hasbiyah, D. (2022). KAMPANYE POLITIK LEGISLATIF DALAM PEMENANG PEMILU PARTAI DI KOTA BOGOR. Karimah Tauhid, 1(3), 315–322. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V1i3.6475

Seran, G. G. (2013). Kamus Pemilu Populer; Kosa Kata Umum, Pengalaman Indonesia Dan Negara Lain. Graha Ilmu.

Sjafrina, P. A. G. (2019). Dampak Politik Uang Terhadap Mahalnya Biaya Pemenangan Pemilu Dan Korupsi Politik. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 5(1), 43–53. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32697/Integritas.V5i1.389

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>