Penerapan Permainan Menyusun Kata dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi puisi pada kelas IV. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Objek utama penelitian ini adalah menulis puisi. Peneliti berkolaborasi dengan teman sejawat atau selaku supervisor 2. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dari tanggal 18 Oktober 2022 sampai 26 Oktober 2022, dengan subjek penelitian murid kelas IV SDS Ananda Islamic School yang berjumlah 18 murid tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan dari tahap prasiklus sampai siklus II. Peningkatan tersebut dapat terlihat dari hasil data pada prasiklus yang memperoleh ketuntasan 33,33%, siklus I 55,55%, dan siklus II sebesar 83,33%. Pada prasiklus, rata-rata murid mendapatkan 55,83, kemudian meningkat menjadi 65,55 pada siklus I, dan meningkat kembali menjadi 83,89 pada siklus II. Selain itu, peningkatan dalam proses pembelajaran ditunjukkan dari data aktivitas dan nilai menulis murid dalam tiap siklus. Peningkatan tersebut terjadi kerena adanya penggunaan media dan metode yang tepat dalam setiap siklus sehingga membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik, terlebih dengan penerapan permainan menyusun kata pada siklus II. Karena telah mencapai kriteria ketuntasan, yaitu 80% dan perolehan nilai murid lebih atau sama dengan KKM (70) maka penelitian yang telah dilakukan dikatakan berhasil.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdulloh, dkk. (2022). Peningkatan dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik.
Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Al Ningsih, Y. R. (2021). MANFAAT PERMAINAN TRADISIONAL BOLA
BEKELTERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Penelitian
Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1).
Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). Pentingnya Bahasa Indonesia Di Perpendidikan
Tinggi. ALINEA: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pengajarannya, 2(1), 114-119.
Hidayati, Nur Baeti. (2021) Metode Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Aktif
Metode Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar
Menulis Kalimat Bahasa Inggris. Pekalogan: Penerbit NEM.
Kulsum, Umi. (2022). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar
Murid Kelas VI pada Subtema Bekerja Sama Mencapai Tujuan dengan Menggunakan
Metode Problem Based Learning di SDN 002 Bengkong Tahun Pelajaran 2020/2021.
Jember: RFM Pramedia
Liando, M. R., Kuron, G. E., & Liliyani, N. A. R. (2022). Pemanfaatan Media Gambar Untuk
Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Murid Kelas IV SDN Asmorobangun 4
Kediri. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(3).
Lubis, Sri Khairani, Supriadi, Rahmani, Rafika. (2020). Mengenal Lebih Dekat. Medan:
Guepedia.
Lufri, dkk. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode
Pembelajaran. Malang: CV IRDH.
Maruwae, Abdulrahim. (2022). Telaah Hasil Belajar: Strategi Pembelajaran dan Gaya
Kognitif. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
M, Fadlillah. (2019). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Muhyidin, A. (2018). Kohesi Gramatikal Konjungsi dalam Karya Sastra dan Implikasinya
bagi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal kebahasaan, Kesusastraan, dan
Budaya, 8(2).
Nazriani, N. (2019). Pelatihan Menulis Puisi Murid Kelas Vi Sdn 1 Baubau. Jurnal
Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 3(1), 64-71.
Pitaloka, Agnes. dan Sundari, Amelia. (2020). Seni Mengenal Puisi. Medan: Guepedia.
Prastiyo, Fendika. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model
Kooperatif Jigsaw pada Materi Pecahan di Kelas V SDN Sepanjang 2. Surakarta: CV Oase Group.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin:
Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 9(1), 49-60.
Prayogo, Y. P. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI
MENULISPUISI TEMA 6 CITA-CITAKU MELALUI METODE DISCOVERY
LEARNING DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IVB MI MIFTAHUN
NAJIHIN KAUMAN LOR KECAMATAN PABELAN KABUPATEN SEMARANG
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 (Doctoral dissertation, IAIN SALATIGA).
Rifa’i, A., & Mutmainah, S. (2020). GERAKAN SAMA SASA DALAM PERKULIAHAN
BAHASA INDONESIA UNTUK MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS SADAR
SASTRA 2045. FKIP e-PROCEEDING, 29-42.
Sari, M. U. K., Kasiyun, S., Ghufron, S., & Sunanto, S. (2021). Upaya Meningkatkan
Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Permainan Anagram
di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3614-3624.
Sauduran, Golda Novatrasio. (2022). Strategi Pembelajaran dan Kreativitas serta
Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Matematik. Tasikmalaya: Perkumpulan Rumah
Cemerlang Indonesia.
Subakti, Hani, dkk. (2022). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara Teoritis dan
Praktis. Yayasan Kita Menulis.
Sukirman, S. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Susanti, E., & Haryanto, E. (2021). MODEL PEMBELAJARAN IMAJINATIF MATERI
MENULIS PUISI DI KELAS IV SDN 035 TEMBILAHAN: Imaginative Learning
Model of Poetry Writing Materials In Grade IV SDN 035 Tembilahan. Jurnal
Pendidikan Tematik Dikdas, 6(2), 01-08.
Wahyuningsih, Endang Sri. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya
Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Murid. Yogyakarya: Deepublish.
Wijayanti, Atrianing Yessi. (2019). Terampil Membaca dan Menulis Puisi. Medan:
Guepedia.
Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Murid Dalam Membaca Puisi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 15(2), 284-294.