Peran Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02

Authors

  • Hanin Wulan Fatia Putri Universitas Djuanda
  • Pina Nurhida Universitas Djuanda
  • Sobrul Laeli Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332

Keywords:

Peran Guru, Strategi Pembelajaran, Pendidikan Inklusif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana guru di SDN Teluk Pinang 02 berperan dalam pembelajaran inklusif dan strategi-strategi yang mereka gunakan dalam mengajar siswa. Fokus utama penelitian adalah memahami implementasi pembelajaran inklusif oleh guru, mengidentifikasi hambatan yang mereka hadapi, dan solusi yang diterapkan. Salah satu masalah yang diidentifikasi adalah keterlambatan dalam proses belajar siswa, yang diatasi oleh berbagai strategi yang diterapkan oleh para guruHasil penelitian menunjukkan bahwa guru berhasil menciptakan suasana belajar yang mendukung untuk semua siswa, termasuk yang mengalami keterlambatan belajar. Peneliti juga melakukan observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran di kelas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang proses pembelajaran tersebut. Temuan penelitian ini menekankan pentingnya peran guru dalam memfasilitasi lingkungan pembelajaran inklusif, melalui penyesuaian kurikulum, penggunaan pendekatan pengajaran yang sesuai, dan manajemen kelas yang efektif. Selain itu, penelitian ini menyoroti kebutuhan akan pelatihan lanjutan bagi guru agar mereka dapat lebih berhasil dalam menerapkan strategi pembelajaran inklusif di tingkat sekolah dasar.. Pelatihan yang lebih lanjut diharapkan dapat memperkuat kompetensi guru dalam mengelola kelas inklusif, merancang kurikulum, serta menerapkan metode pengajaran yang dapat memenuhi kebutuhan semua siswa. Dengan demikian, penelitian ini menyoroti pentingnya dukungan berkelanjutan bagi guru dalam rangka menciptakan pendidikan inklusif yang efektif dan berkualitas.

References

Amka, Amka. “Inclusive Education for Special Needs Students.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 4, 2019, pp. 86–101.

Anggreani, Kesti, et al. Implementasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah Dasar : Tantangan Dan Strategi Efektif. no. 2, 2024.

Baroroh, Esny, and Rukiyati Rukiyati. “Pandangan Guru Dan Orang Tua Tentang Pendidikan Inklusif Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, 2022, pp. 3944–52, https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2510.

Budianto, Ahmad Andry. “Pentingnya Pendidikan Inklusif: Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Semua.” Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, vol. 1, no. 1, 2023, pp. 12–19.

Faozanudin, Muslih, and Lilis Sri Sulistian. “Tantangan Implementasi Pendidikan Dasar Inklusi Di Kabupaten Banyumas.” Jurnal Indopedia (Inovasi Pembelajaran Dan Pendidikan), vol. 1, no. 1, 2023, pp. 107–18.

Hadi, Abdul, and Palasara Brahmani Laras. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Inklusi.” Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, vol. 4, no. 1, 2021, pp. 17–24.

Lattu, Desje. “Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi.” Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 61–67, https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.236.

Nurhaqy, Alvian Agung. GURU. no. 2, 2022, pp. 75–88, https://doi.org/10.19184/wrtp.v16i2.23395.

Oktaviani, Eling Diar. “Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s).” Jurnal Komunikasi Pendidikan, vol. 4, no. 1, 2020, p. 55, https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440.

Purbasari, Yulia Anjarwati, et al. “Perkembangan Implementasi Pendidikan Inklusi.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), vol. 7, no. 1, 2022, pp. 50–58, https://doi.org/10.26740/jp.v7n1.p50-58.

Ramadhana, Rizka Norsy. “Tantangan Pendidikan Inklusi Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus.” Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Lambung Mangkurat, 2020, pp. 1–10, http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/n8rxu.

Safitri, Darul, and Yuli Salis Hijriyani. “Pendidikan Inklusif Sebagai Strategi Mewujudkan Pendidikan Menyeluruh Bagi Anak Usia Dini.” PROSIDING: Loka Karya Pendidikan Islam Anak Usia Dini IAIN Ponorogo, vol. 3, 2021, pp. 27–39, https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/piaud/article/view/448.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

Putri, H. W. F., Nurhida, P. ., & Laeli, S. (2024). Peran Guru Dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Inklusif di Jenjang Sekolah Dasar Teluk Pinang 02. Karimah Tauhid, 3(7), 8074–8080. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i7.14332
Abstract viewed = 2 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>