Perencanaan Pembelajaran : Konsep, Tujuan, dan Karakteristik

Main Article Content

Pina Nurhida

Abstract

Perencanaan pembelajaran merupakan tahapan penting di mana keputusan diambil setelah pertimbangan yang cermat tentang tujuan pembelajaran. Dengan menggunakan proses ini, kita dapat mengevaluasi sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan. Perencanaan pembelajaran ini memiliki kosep, prinsip dan karakteristik. Konsep perencanaan pembelajaran ini sebagai teknologi, sebagai suatu sistem, disiplin, sains, sebuah proses dan sebuah realitas. Adapun prinsip perencanaan pembelajaran dapat memperhatikan karakteristik peserta didik, berorientasi pada kurikulum yang berlaku, sistematika kegiatan pembelajaran, Penyusunan pembelajaran dengan teliti dan terstruktur akan mendukung kemajuan optimal siswa. Perencanaan tersebut perlu mempertimbangkan penggunaan ragam sumber daya dan fasilitas pembelajaran. Sasarannya adalah agar siswa memahami sepenuhnya materi pelajaran dan memperoleh pengetahuan serta keterampilan melalui proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Nurhida, P. . (2024). Perencanaan Pembelajaran : Konsep, Tujuan, dan Karakteristik. Karimah Tauhid, 3(6), 6397–6402. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13456
Section
Articles

References

Andayani, Sri. “Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman Vol. 7, No. 1 Januari-Juni 2021.” Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, 2021, pp. 1–10.

Anisa, and Mega Febriani Sya. “Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun Di Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid, vol. 1, 2022, pp. 352–56, https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7819%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7819/3512.

Azzahra, Shabrina, and 2023 Sya, Mega Febriani. “Strategi Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Di Sekolah Dasar.” Karimah Tauhid, vol. 2, no. 1, 2023, pp. 329–38.

Budiastuti, Pramudita, et al. “Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Edukasi Elektro, vol. 5, no. 1, 2021, pp. 39–48, https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776.

Chamisijatin, Lise. Unit 7. pp. 1–41.

Fakultas, Dosen, et al. PERENCANAAN PEMBELAJARAN: PENGERTIAN, TUJUAN DAN PROSEDUR Wahyudin Nur Nasution. 2007.

Hanafy, Sain, et al. Konsep Belajar Dan Pembelajaran. no. 1, pp. 66–79.

Julaeha, Siti. Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. no. 2, 2019.

Marlina, Leny. “Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, 2017, https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679.

Putrianingsih, Sri, et al. “Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran.” Inovatif, vol. 7, no. 1, 2021, pp. 206–31.

saadatul. Strategi Pembelajaran. 2019, p. 10190.

Silviana Nur Faizah. “Hakikat Belajar Dan Pembelajaran.” At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Volume, vol. 1, no. 2, 2017.

Suryawati, Dewi Prasari. “Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di MTs Negeri Semanu Gunungkidul.” Jurnal Pendidikan Madrasah, vol. 1, no. 2, 2016, p. 314.

Sya, Mega Febriani, and Fachri Helmanto. “Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 7, no. 1, Apr. 2020, p. 71, https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348.