Tugas dan Fungsi Korp Brimob Polri dalam Melaksanakan dan Menggerakan Anggotanya Sebagai Satuan Pamungkas Polri (Striking Force) Berdasarkan Undang - Undang No 2 Tahun 2002

Main Article Content

Bimo Gadang Purwanto
Mulyadi
R Djuniarsono

Abstract

Satuan pamungkas merupakan nama sekaligus suatu bentuk kehormatan yang oleh pemerintah diberikan kepada Korps Brimob karena para personilnya memiliki tugas khusus dengan kemampuan khusus dan kualifikasi khusus. Amanah tersebut tentunya bukan hanya sekedar nama saja melainkan harus dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik. Oleh karena itu Korps Brimob harus mampu menggerakkan anggotanya dalam mencapai satuan pamungkas yang menjadi kebanggaan Polri maupun pemerintah dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengetahui tugas dan fungsi Korps Brimob dalam melaksanakan dan menggerakkan anggotanya sebagai satuan pamungkas UU No 2 Tahun 2002. Metode penelitian digunakan sebagai cara untuk memperoleh data, analisis yang berar sesuai dengan kaidah keilmuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis normatif yaitu hukum dikonsepsikan sebagai norma, kaidah, asas atau dogma-dogma. Hasil Penelitian Korps Brimob dalam melaksanakan tugas menggerkakkan anggota untuk menjadi satuan pamungkas dilakukan melalui beberapa upaya yaitu Melakukan pendidikan dan latihan (Diklat), Melakukan simulasi kegiatan pengamanan dan lain-lain, Melakukan pembinaan mental, Menerapkan disiplin Korps. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Korps Brimob untuk menggerakkan anggota sebagai satuan pamungkas adalah Kemampuan yang terbatas, Kurangnya biaya pendidikan dan pelatihan, Kurangnya fasilitas pendukung tugas dan fungsi, Rotasi personil yang kurang tepat.

Article Details

How to Cite
Purwanto, B. G., Mulyadi, & Djuniarsono, R. (2024). Tugas dan Fungsi Korp Brimob Polri dalam Melaksanakan dan Menggerakan Anggotanya Sebagai Satuan Pamungkas Polri (Striking Force) Berdasarkan Undang - Undang No 2 Tahun 2002. Karimah Tauhid, 3(3), 3319–3337. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12495
Section
Articles

References

Erman Rajagukguk dan Ira Rasjidi, Dasar-dasar Filsafat Hukum dan Teori Hukum, Bandung: Citra Aditya Bhakti, 2021.

Gunarto Suhardi, Peranan Hukum dalam Pembangunan Ekonomi, Yogyakarta: Universitas Atmajaya, 2012.

Satjipto Raharjo, Polisi Sipil dalam Perubahan Sosial di Indonesia, Jakarta: Buku Kompas, 2002.

Sunaryati Hartono, Politik Hukum Menuju Satu Sistem Hukum Nasional, Bandung: Alumni, 2019.

Yaddy Supriyadi, Keselamatan Penerbangan Teori dan Problematika, Tangerang: Telaga Ilmu Indonesia, 2012.

Zulkarnaen Sitompul, Hukum dan Masyarakat, Bandung: Angkasa, 2019.

---------, Masalah Penegakan Hukum Suatu Tinjauan Sosiologis, Bandung: Sinar Baru, 2016.

Martin Roestamy,E.Suhartini, A.Yumarni, Metode Penelitian Laporan Karya Ilmiah Hukum Pada Fakultas Hukum, Fakultas Hukum Universitad Djuanda, Bogor,2015.

Mardjono Reksodiputro, Sistem Peradilan Pidana Indonesia, Melihat Kejahatan dan Penegakan Hukum dalam Batas-Batas Toleransi, Jakarta: 1994.

Moeljanto, Perbuatan Pidana dan Pertanggungjawaban dalam Hukum Pidana, Jakarta: Bina Aksara, 1993.

Moloeng, Metode Penelitian Kualtatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,2005.

Romli Atmasasmita, Teori dan Kapita Selekta Kriminologi, Bandung: Tarsito,1992.

Soerjono Soekanto, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penegakan Hukum, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

W. Gulo, Metode Penelitian Hukum, Cet.Kelima ,Jakarta:PT.Gramedia,2007.

Tan Kamello, Hukum Jaminan Fidusia Suatu Kebutuhan Yang Diidamkan, Bandung: Penerbit Alumni, 2014.

Dadang Suprijatna, dkk, Model Pelayanan Bantuan Hukum Dari Dari Advokat Sebagai Akses Keadilan Bagi Masyarakat Tidak Mampu, Bogor: Unida Perss, 2018.

Endeh Suhartini, dkk. Hukum Kesehatan Bagi Tahanan dan Warga Binaan Pemasyarakat di Indonesia, Cet. Ke-1, Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2019.

Muhammad Nuh, Etika Profesi Hukum, Bandung: Pusaka Setia, 2011.

Sadjijono, Etika Profesi Hukum: Suatu Telah Filosofis terhadap Konsep dan Implementasi Kode Etik Profesi POLRI, Yogyakarta: Laksbang Mediatama, 2008.

---------, Fungsi Kepolisian dalam Pelaksanaan Good Governance, Yogyakarta: Laksabang Mediatama, 2005.

Soebroto, Wewenang Kepolisian dalam Hukum Kepolisian di Indonesia, Jakarta: Bunga Rampai PTIK, 2004.

Syefi’i Aksal, Job Description di Lingkungan Korps Brimob Polri, 2021.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Undang-undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2003 tentang Peraturan Disiplin Polri.

Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2011 tentang Kode Etik Profesi Anggota Polri.

Dadang Suprijatna, Danu Suryani dan Widda Yusman, Optimalisasi Pelaksanaan Pelayanan Bantuan Hukum Dalam Perkara Perdata di Wilayah Kewenangan Pengadilan Negeri Sukabumi, Jurnal Hukum De'rechtsstaat,Volume 5 No. 2, September 2019.

Ujang Bahar, Mulyadi dan Didik Supriyoko, Efektivitas Program Perwira Bhabinkamtibmas Polres Bogor Kota Dalam Penanganan Perkara Melalui Alternatif Penyelesaian Sengketa, Jurnal Hukum De'rechtsstaat, Volume 2 No. 2, September 2016.

Endeh Suhartini, Ujang Bahar dan Dani Purwanto, Optimalisasi Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Dalam Aspek Keselamatan Kerja Pada Proyek Konstruksi di Wilayah Bogor, Jurnal Ilmiah Living Law Volume 12 Nomor 1, Januari 2020.

Endeh Suhartini, Sistem Pengupahan Dalam Menciptakan Keadilan Sosial, Universitas Sebelas Maret (USM), Surakarta, 2019.

Endeh Suhartini, Edy Santoso dan Haerudin, Analisis Yuridis Keberadaan Perusahaan Outsourcing dan Hak Pekerja Terkait Sistem Kontrak Berdasarkan Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003, JurnalLiving Law Volume 13 Nomor 1, Januari 2021.

Endeh Suhartini, Perspektif Bantuan Hukum di Kota Bogor di Hubungkan dengan Undang – Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum,Jurnal Living Law, Volume 12 No 1 Tahun 2020.

Endeh Suhartini, Pencegahan dan peanggulangan terhadap penyalahgunaan Narkona tingkat Sekolah Menengah atas dihubungkan Undang – Undang Nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkoba, Jurnal Sosial Humaniora Volume 1 No 2, Oktober 2020.

“Pasukan Pelopor”, Https://Korbrimob.Polri.Go.Id/Satuan/Pasukan-Pelopor, Diakses pada tanggal 12 Januari 2022. Jam, 13.30 wib.

“Resimen I Pelopor”, Https://Korbrimob.Polri.Go.Id/Satuan/Resimen-I-Pelopor, Diakses pada tanggal 12 Januari 2022.jam 9.00 wib.

“Sejarah Brimob”

Https://Korbrimob.Polri.Go.Id/Page/Sejarah-Brimob, Diakses pada tanggal 12 Januari 2022. Jam 16.15. wib

“Visi dan Misi Korps Brimob Polri”, Https://Korbrimob.Polri.Go.Id/Page/Visi-Misi, Diakses pada tanggal 12 Januari 2022. Jam 11.05.wib.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>