Penanganan Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan di Wilayah Hukum Polsek Tanjungsari Kabupaten Bogor

Main Article Content

Dian Prasetyo Nugroho
Mulyadi
Saddam Husein

Abstract

Di wilayah Tanjungsari Kabupaten Bogor, kasus pencurian dengan kekerasan masih sering terjadi, sehingga perlu ada upaya dalam mengatasinya. Hal ini karena pencurian dengan kekerasan membuat masyarakat Tanjungsari ketakutan dalam bepergian, terutama pada waktu larut malam atau melalui jalan yang sepi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mengkaji tentang penanganan tindak pidana pencurian dengan kekerasan di wilayah hukum polsek tanjungsari dan hambatan yang dihadapinya. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yaitu penelitian yang dilakukan terhadap suatu gejala hukum terjadi dalam masyarakat yang bertentangan dengan norma hukum dan keagamaan, yaitu pencurian dengan kekerasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan tindak pidana pencurian dengan kekerasan oleh Polsek Tanjungsari adalah dilakukan upaya preventif yaitu pencegahan terhadap tindak pidana pencurian dengan kekeran. Upaya represif yaitu penindakan terhadap pelaku tindak pidana kejahatan berupa pencurian dengan kekerasan melalui penyelidikan dan penyidikan. Hambatan yang ditemui dalam penanganan kejhatan pencurian dengan kekerasan diantaranya: (a) faktor integrista penegak hukum; (b) faktor hukum; (c) faktor minimnya pejabat pejabat pengemban fungsi pengawasan penyidikan; (d) faktor penerapan sanksi terhadap terhadap penyidik yang terbukti melakukan pelanggaran dalam proses penyidikan.

Article Details

How to Cite
Nugroho, D. P., Mulyadi, & Husein, S. (2024). Penanganan Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan di Wilayah Hukum Polsek Tanjungsari Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(3), 3701–3727. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12670
Section
Articles

References

A. Kadarmanta, Perpolisian masyarakat Dalam Trust Building, Forum Media Utama, Jakarta, 2010.

Aris Soenarto, Fungsi Kepolisian Negara Republik Indonesia Sebagai Partisipasi Mendorong Optimalisasi Profesionalisme Anggota Polri Dalam Kerangka Reformasi Birokrasi Polri, Semarang, Jurnal Srigunting, 2020.

Awaloedin Djamin, Menuju Polri Mandiri yang Profesional, Yayasan Tenaga Kerja Indonesia, Jakarta, 2011.

Barda Nawawi Arief, Kapita Selekta Hukum Pidana, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2013.

Endeh Suhartini dan Mulyadi, Analisis Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Berlakunya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Dihubungkan Dengan Pernikahan Dan Perceraian Di Wilayah Kabupaten Bogor, Jurnal Sosial Humaniora ISSN 2087-4928 Volume 2 Nomor 1, Oktober 2020.

Finlay Mark dan Ugljesa Zvekic, Alternatif Gaya Kegiatan Polisi Masyarakat, (diterjemahkan dan disadur oleh Kunarto), Cipta Manunggal, Jakarta, 2013.

Harian Joglosemar, Polmas dan Masyarakat, PT.Joglosemar Prima Media, Yogyakarta, 2012.

Hasil Survey Transparency International Indonesia (TII) selama Juni-Desember 2019.

https:// www. merdeka.com/ peristiwa/ survei-tii-citra-polisi-buruk-dankorupdi-mata-anak-muda.html, diakses pada tanggal 8 Desember 2023, pukul 21.40 Wib.

Khudzaifah Dimyanti dan Kelik Wardiono, Metode Penelitian Hukum (Buku Pegangan Kuliah). UMS, Surakarta, 2014.

Kunarto, Perilaku Organisasi Polri, Cipta Manunggal, Jakarta, 2017.

Martin Roestamy, Endeh Suhartini, dan Ani Yumarni Metode Penelitian, Laporan dan Penulisan Karya Ilmiah Hukum pada Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Djuanda, Bogor, 2020.

Muladi, Bhabinkamtibmas dan Profesionalisme Polri, LCKI-PSKN Unpad, Bandung, 2010.

Muladi, Kapita Selekta Sistem Peradilan Pidana, Badan Penerbit UNDIP, Semarang, 2015.

Ronny Kiwaha, Arah Kebijakan Polri 2010-2015, Komisi Kepolisian Nasional, Jakarta, 2010.

Sadjijono, Fungsi Kepolisian Dalam Pelaksanaan Good Governance, Laksbang, Yogyakarta, 2015.

Soerjono Soekanto dan Mustafa Abdullah, Sosiologi Hukum Dalam Masyarakat, CV. Rajawali, Jakarta, 2002.

Suparlan, Bunga Rampai Ilmu Kepolisian Indonesia, Jakarta, Yayasan Pengembangan Kajian Ilmu Kepolisian, 2019.

Taufik Rohman, Polmas, Diterawang, Diraba dan Dipahami, Kasub bag BIMLUH Biro Binamitra, Polda Jabar, 2018.

Wawancara dengan Anggota Unit Reskrim Polsek Tanjungsari Kabupaten Bogor, Desember 2023.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>