Analisis Yuridis Peranan Satuan Intelijen Keamanan Kepolisian dalam Memberi Informasi untuk Kebutuhan Perencanaan Keamanan Kota Bogor

Main Article Content

Mochammad Bayu Adi Nugroho
Mulyadi
Muhamad Aminulloh

Abstract

Di wilayah kota Bogor yang merupakan salah satu daerah dengan penduduk terbanyak di Indonesia banyak sekali kasus kriminal yang terjadi karena  tidak dapat dideteksi terlebih dahulu. Hal ini menujukkan bahwa keamanan warga negara khsusunya di kota belum dilaksanakan secara efektif. Intelejen belum melaksanakan tugas secara baik, sehingga masih banyak keadaan yang tidak bisa dicegah atau analisis dengan baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengkaji tentang peran intelijen keamanan dalam memberikan informasi keamanan di wilayah kota Bogor, penelitian ini tentunya memiliki perbedaan dengan penelitian lain, penelitian lain mengkaji secara umum tentang tugas kepolisian dalam menegakkan hukum, melindungi masayarakat, maka penelitian ini secara khusus mengkaji tentang peran intelijen kepolisian dalam bidang deteksi keamanan wilayah di kota Bogor.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis normatif yaitu hukum dikonsepsikan sebagai norma, kaidah, asas atau dogma-dogma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Satuan Intelkam adalah informasi untuk kebutuhan perencanaan keamanan Kota Bogor Berdasarkan Skep Kapolri No Pol Skep / 412 / VI / 2005 tentang Pedoman Pelaksanaan Penyelidikan Intelijen Keamanan dilakukan melalui proses deteksi dini intelkam dilakukan tidak semata-mata dengan produk informasi yang seadanya tetapi melalui berbagai tahap pengolahan data-data dan juga menggunakan analisis yang mendalam sehingga menghasilkan informasi yang akurat.

Article Details

How to Cite
Nugroho, M. B. A., Mulyadi, & Aminulloh, M. (2024). Analisis Yuridis Peranan Satuan Intelijen Keamanan Kepolisian dalam Memberi Informasi untuk Kebutuhan Perencanaan Keamanan Kota Bogor. Karimah Tauhid, 3(3), 2889–2911. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12462
Section
Articles

References

Alexandra, Intelijen dan Keamanan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016.

Awaloedin Djamin, Kedudukan Polri Dalam Sistem Ketatanegaraan, PTIK, Jakarta, 2010.

Awaloedin Djamin, Menuju Polri Mandiri yang Profesional, Yayasan Tenaga Kerja Indonesia, Jakarta, 2019.

Bantarto Bandoro, Keamanan Nasional Perspektif Indonesia, CSIS, Jakarta, 2018.

Dessy Anwar, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Karya Abditama, Surabaya, 2011.

Endeh Suhartini dan Mulyadi, Analisis Kesadaran Hukum Masyarakat Terhadap Berlakunya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan Dihubungkan Dengan Pernikahan Dan Perceraian Di Wilayah Kabupaten Bogor, Jurnal Sosial Humaniora ISSN 2087-4928 Volume 2 Nomor 1, Oktober 2011.

Hardiansyah, Kualitas Pelayanan Publik, Gava Media , Yogyakarta, 2011.

Ikrar Nusa Bhakti, Politik dan Intelijen, LIPI, Jakarta, 2013.

Khudzaifah Dimyanti dan Kelik Wardiono, Metode Penelitian Hukum (Buku Pegangan Kuliah). UMS, Surakarta, 2014.

L.V Scott dan Peter Jackson, Kebijakan Intelijen Negara, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2016.

Martin Roestamy dan Rita Rahmawati, Model Pengembangan Paradigma Masyarakat Bagi Kepemilikan Rumah yang Terpisah dari Tanah, Hukum Property, Fakultas Hukum, Universitas Djuanda, MIMBAR HUKUM Volume 30, Nomor 2, Juni 2018.

Martin Roestamy, Endeh Suhartini, dan Ani Yumarni, Pedoman Penulisan Skripsi pada Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Djuanda, Bogor, 2020.

Martin Roestamy, The Legal Paradigm Of Properties On The Strata Title Ownership Built Above The Land With The Rights To Cultivate Ownership, Fakultas Hukum, Universitas Djuanda, Jurnal Hukum De'rechtsstaat. P-ISSN:2442-5303. E-ISSN:2549-9874. Volume 2 No. 1, Maret 2016.

Nurwati, Perlindungan Hukum Pada Hak Cipta Dalam Karya Arsitektur Bangunan Cagar Budaya (Studi Kasus Arsitektur Bangunan Cagar Budaya Di Kota Bogor), Jurnal Hukum De'rechtsstaat. P-ISSN:2442-5303. E-ISSN:2549-9874. Volume 3 No. 2, September 2017.

Peter Mahmud Marzuki, Penelitian Hukum, Elips, Jakarta, 2016.

Rahmad Hutagaol, Peran Satuan Intelkam Dalam Mencegah Paham Radikal Di Masyarakat Melalui Deradikalisasi (Studi Pada Satuan Intelkam Polres Deli Serdang), Jurnal Hukum Kaidah, Univesitas Islam Sumatera Utara, Medan, 2020.

Soepomo Soegirman, Inteligen Profesi Untuk Orang-orang Aneh, Bumi Aksara, Jakarta, 2011.

Soerjono Soekanto, Pengantar Penelitian Hukum, UI-Press, Jakarta, 2014.

Wawancara dengan anggota Satintelkam Polresta Bogor Kota, Juli 2023.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>