Efektivitas Hukum Pengasuh Pada Diklat Reserse Lemdiklat Polri Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik Guna Mewujudkan Profesionalisme Dan Akuntabilitas

Authors

  • Sri Hidayati Hidayati Universitas Djuanda
  • Jopie Gilalo Universitas Djuanda
  • Muhamad Aminulloh Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.10977

Keywords:

Efektivitas, Pengasuh, Profesionalisme, Akuntabilitas

Abstract

Penelitian pelatihan dan pembinaan yang diselenggarakan oleh Diklat Reserse bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa agar sadar akan profesionalisme dan tanggungjawab. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis dan hukum (empiris). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh potret mendalam dengan menelaah data sekunder kemudian dilanjutkan dengan pencarian data primer di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif, menjelaskan hubungan peristiwa hukum dengan asas-asas hukum, kemudian dianalisis menurut ilmu hukum dengan  menganalisis dari bacaan-bacaan yang digunakan. Dari hasil penelitian terlihat bahwa pembentukan kepribadian siswa Diklat Polri dalam bidang penyidikan dan pelatihan profesionalisme serta tanggung jawab belum efektif meskipun telah dilakukan berbagai upaya paksa oleh pengasuh untuk membentuk sikap, psikologi dan kepribadian, dengan membantu siswa memahami pentingnya disiplin dalam kehidupan sehari-hari, serta dengan memaksimalkan waktu yang tersedia untuk pembentukan sikap, psikologi dan kepribadian siswa selama pendidikan dan pelatihan di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

References

AG. Subarsono, Analisis Kebijakan Publik (Konsep, Teori, dan Aplikasi), Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2005

Amir Daim Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendididkan, Usaha Nasional, Surabaya, 2003

Aswar Annas, Interaksi Pengambilan Keputusan dan Evaluasi Kebijakan, Celebes Media Perkasa, 2017

Edy Sunarno, Berkualitas, Profesional, Proporsional: Membangun SDM Polri Masa Depan, Pensil, Jakarta, 2010

Harsja W Bachtiar, Ilmu Kepolisian Suatu Cabang Ilmu Pengetahuan yang Baru, Grasindo, Jakarta, 2005

Kepala Pusat Pendidikan Administrasi, Kerangka Grand Design Pendidikan Polri, Bandung, 2011

Kunarto, Perilaku Organisasi Polri, Cipta Manunggal, Jakarta, 2009

Lawrence M. Friedman, Sistem Hukum Perspektif Ilmu Sosial, Nusa Media, Bandung, 2011

Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri, Blue Print lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri 2005-2025, Lemdiklat Polri, Jakarta, 2009

Markus Gunawan (et.al), Buku Pintar Calon Anggota dan Anggota Polri, Visi Media Pustaka, Jakarta, 2009

Martin Roestamy, Endeh Suhartini dan Ani Yumarni, Metode Penelitian, Laporan, dan Penulisan Karya Ilmiah Hukum Pada Fakultas Hukum, Fakultas Hukum Universitas Djuanda, Bogor, 2020

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2014

Nurrahmi Hayani, Pengantar Manajemen, Benteng Media, Pekanbaru, 2014

Piet A. Sahertian, Ida Alaida, Supevisi Pendidikan dalam Rangka Program Inservice Education, Usaha Nasional, Surabaya, 2000

R. Seno Soeharjo, Serba-serbi Tentang Polisi: Pengantar Usaha Mempelajari Hukum Polisi, Politeia, Bogor, 2008

Richard M. Steers, Efektivitas Organisasi, Erlangga, Jakarta, Tanpa Tahun

Sadjijono, Prinsip Good Governance dalam penyelenggaraan Kepolisian di Indonesia, Laksbang Pressindo, Yogyakarta, 2013

Satjipto Rahardjo, Membangun Polisi Sipil, Kompas Media Nusantara, Jakarta, 2007

Sitompul, Beberapa Tugas dan Peranan Polri, CV Wanthy Jaya, Jakarta, 2010

Tata Usaha Diklat Reserse Lemdiklat Polri, Data Dikbang Spes Polri Tahun 2018-2022, Bogor, 2023

Zaidan Nawawi, Manajemen Pemerintahan, Rajawali Pers, Jakarta, 2013

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia

Peraturan Kapolri Nomor 19 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pelatihan POLRI

Peraturan Kapolri Nomor 26 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pendidikan dan Latihan Penyidik Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana Sebagai Pengganti Peraturan Kapolri Nomor 12 Tahun 2009

Peraturan Kapolri Nomor 14 Tahun 2015 tentang Sistem Pendidikan POLRI

Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2019 tentang Seleksi Pendidikan Pengembangan Bagi Pegawai Negeri Pada POLRI

Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2022 tentang Perubahaan Keempat Atas Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2017 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Satuan Organisasi Pada Tingkat Markas Besar POLRI

Dadang Suprijatna, Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Undang-undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, Jurnal Hukum De'rechtsstaat Vol 2 No. 1, Maret 2016

Santoso, Dadang Suprijatna, dan J. Jopie Gilalo, Analisis Yuridis Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat Dalam Penyelesaian Masalah Melalui Musyawarah Berdasarkan Skep Kapolri No.:Skep/737/X/2005 Tentang Kebijakan dan Strategi Kepolisian (Studi Kasus Polsek Bogor Utara), Jurnal Hukum De'rechtsstaat, Vol 2 No. 2, September 2016

http://wwwpolri.com/pendidikan-dan-ken dalanya diakses pada tanggal 20 Juli 2023 Pukul 21.45 Wib

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Hidayati, S. H., Gilalo , J., & Aminulloh, M. (2024). Efektivitas Hukum Pengasuh Pada Diklat Reserse Lemdiklat Polri Dalam Membentuk Kepribadian Peserta Didik Guna Mewujudkan Profesionalisme Dan Akuntabilitas . Karimah Tauhid, 3(1), 1116–1143. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.10977
Abstract viewed = 28 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>