Pentingnya Prestasi Akademik Bagi Mahasiswa : Persepsi Mahasiswa Universitas Djuanda Bogor
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12026Keywords:
Persepsi mahasiswa, Prestasi akademik, Urgensi prestasi akademikAbstract
Prestasi akademik adalah kecakapan konkret atau actual ability, yaitu kecakapan yang segera dapat didemonstrasikan dan diuji sekarang juga karena merupakan hasil usaha atau belajar yang bersangkutan menggunakan teknik eksklusif yang telah dijalaninya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta memperoleh informasi lebih lanjut tentang persepsi mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Islam Universitas Djuanda Bogor tentang pentingnya prestasi akademik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data melalui pengisian Google Formulir oleh 15 mahasiswa dengan IPK > 3,5. kemudian hasil wawancara asal setiap responden diberi kode berupa kata kunci yang akan dimasukan kedalam software NVIvo 12 yang dipergunakan untuk pengkodean serta kategorisasi penelitian. Selanjutnya data dari wawancara dimasukkan ke pada nodes dan cases untuk diklasifikasikkan menjadi kode-kode eksklusif. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tujuh tema primer dalam mencapai prestasi akademik yaitu (1) Pentingnya prestasi akademik (2) Indicator prestasi akademik (3) Manfaat prestasi akademik (4) Motivasi prestasi akademik (5) Peluang prestasi akademik (6) strategi prestasi akademik (7) Saran prestasi akademik.
References
Barbour, R. S. (2014). Quality of data analysis. The SAGE handbook of qualitative data analysis, 496-510.
Braun, V., & Clarke, V. (2019). Reflecting on reflexive thematic analysis. Qualitative research in sport, exercise and health, 11(4), 589-597.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.
Jaya, F. I. T. R. A. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Belajar. PERKORIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi, dan Bisnis, 4(1), 13-23.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook.
Poerwadarminta, W. J. S. (1966). Kamus umum bahasa Indonesia. (No Title).
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar/Sardiman AM.
Simmons, K. B. (2014). The triangulation method of stadia transit topographic surveying adapted to landscape architecture (Issue February).
Suryabrata, S. (2011). Psikologi pendidikan.
Yin, R. K. (2011). Qualitative research from start to finish. 2010. NY: Guilford Publications.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Latifah Zati Hulwani; Rusi Rusmiati Aliyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.