Implementasi Kurikulum Merdeka: Praktik Baik dalam Mengelola Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar

Main Article Content

Lulu Innisa
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui praktik baik yang dilakukan oleh guru dalam mengelola minat belajar siswa dengan mengimplementasikan kurikulum merdeka di kelas. Penelitian ini dilakukan pada guru sekolah dasar yang sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 15 guru kelas di Sekolah Dasar. Dari hasil analisis didapatkan empat tema pengelolaan minat belajar siswa yaitu, strategi, kegiatan pembelajaran, praktik baik, hambatan, dan dukungan bagi guru untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam mengelola minat belajar siswa.  Penelitian ini membantu guru dalam melakuakn pengelolaan minat belajar siwa serta hambatan apasaja yang ditemui guru dalam pengelolaan minat belajar siswa di kelas.

Article Details

How to Cite
Innisa, L. ., & Aliyyah, R. R. . (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka: Praktik Baik dalam Mengelola Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 321–338. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11635
Section
Articles

References

Aliyyah, R R, and dan O Abdurakhman. 2016. “Pengelolaan Kelas Rendah Di Sd Amaliah Ciawi Bogor Management of Lower Grade At Amaliah Elementary School Ciawi Bogor.” Jurnal Sosial Humaniora 7(2): 81–95.

Aliyyah, Rusi Rusmiati, Yuni Rahayu, and Muhammad Rendi Ramdhani. 2022. “Pengaruh Interaksi Edukatif Terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.” DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 9(2): 185–98.

Aprima, Desy, and Sasmita Sari. 2022. “Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13(1): 95–101.

Aulia, R. &. (2018). Pengelolaan Kelas Sebagai Determinan Terhadap Hail Belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 9.

Farhana, I. (2022). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka : Memahami konsep hingga penulisan praktik baik pembelajaran di kelas. Leuwiliang, Bogor: Penerbit Lindan Bestari.

Fatih Al Fahmi, a. L. (2022). “Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Mi Nurrohman Jajar Donorojo: Indonesia. Transformasi : Jurnal Studi Agama Islam, 153-59.

Herwina, Wiwin. 2021. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35(2): 175–82.

Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa. Al-Ta’dib Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang.

Maylitha, Evi et al. 2023. “Peran Keterampilan Mengelola Kelas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa.” Journal on Education 5(2): 2184–94.

Miles, M. B. (2014). Qualitative Data Analysis. USA: Sage Publishing.

Miles, M. B. (2014). Qualitative Data Analysis. A Methods. Zeitschrift Für Personalforschung,, 485-487.

SB., D. (2006). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmadayanti, Dewi, and Agung Hartoyo. 2022. “Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4): 7174–87.

SB., D. (2006). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Simanullang, J. A. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Indramayu, Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Sobron, M, and Lubis. 2021. “Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu.” Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU 4(1): 1–7. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4134.

Yin, R. (2011). Qualitative Research From Start to Finish. New York: The Guilford Press.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>