Strategi Guru dalam Mengelola Kelas Rendah

Authors

  • Ilma Agnia Ardiawati Universitas Djuanda
  • Rusi Rusmiati Aliyyah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11612

Keywords:

kurikulum merdeka, hambatan letak, duduk siswa

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengelolaan letak duduk siswa kelas rendah dalam Kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini dibuat untuk mengetahui hambatan dalam mengelola letak duduk  pada siswa kelas rendah di Sekolah Dasar dalam kurikulum merdeka. Penelitian dilakukan melalui wawancara dengan 15 guru kelas di Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Temuan menunjukkan penggunaan kegiatan sosial dan media pembelajaran dalam mengelola letak duduk. Kegiatan sosial seperti diskusi kelompok dan kelompok belajar mendorong interaksi sosial dan kerjasama siswa. Media pembelajaran seperti berdiferensiasi, Project Based Learning (PBL), dan presentasi menciptakan lingkungan belajar yang teratur dan kolaboratif. Permainan juga digunakan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan memperkuat pemahaman konsep. Selain itu, perhatian diberikan pada minat dan bakat siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman pengelolaan letak duduk dalam Kurikulum Merdeka dan dapat menjadi acuan bagi guru dan sekolah dalam menciptakan suasana belajar yang efektif.

References

Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar Implementation of kurikulum merdeka in elementary school. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, O. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 7(2), 81-95.

Aliyyah, R. R., Puteri, F. A., & Kurniawati, A. (2017). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 126-143.

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157-165.

Bhagasasih, B., Agustini, S., & Indah, P. (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk Terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 683–687.

Dewi, wulan, ayu, made, L., & astuti, eni, putu, N. (2022). Hambatan kurikulum merdeka di kelas IV sdn 3 apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 31–39.

Endayani, A. (2022). Pengaruh keterampilan guru dalam mengelola kelas terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di MIS nurul falah. Genta Mulia, 13, 70–81.

Enggar, S., Dewi, K., Pertiwi, R. P., & Rahmawati, D. (2023). Analisis kesulitan guru dalam mengimplementasikan pembelajaran tematik pada kurikulum merdeka di sekolah dasar. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 41–50.

Inayati, U. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad- 21 di SD/MI. International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.

Mujibah, Mauna, Euis . Aliyyah, Rusmiati, R. (n.d.). Sarana prasarana pendidikan: studi kasus penurunan mutu pendidikan di provinsi gorontalo.

prasetyo, bayu, K., & Rahmasari, D. (2016). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan motivasi belajar pada siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 07(01), 1–9.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari Dewi, R. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., & Hernawan, A. H. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rahmadanti, A., & Aliyyah, R. R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka: Strategi Guru dalam Mengelola Penempatan Belajar Siswa. KARIMAH TAUHID, 2(6), 2891-2908.

Safitri, J., Rusmiati Aliyyah, R., & Abdul Gaffar, A. (2022). Implementasi kurikulum dalam manajemen berbasis sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar. E-Journal Skripsi, 5(2), 141–154.

Septiana, V., & Wijayanto, S. (2021). The Role of Student Seating Layout in Managing Class Atmosphere in Bunda Wacana Elementary School Peran Tata Letak Tempat Duduk Siswa Dalam Mengelola Suasana Kelas di Lingkungan Sekolah Dasar Bunda Wacana. Urecol, University Research Colloqium, 16–20.

Sukmayanti, S., & Aliyyah, R. R. (2023). Pengelolaan Kelas Rendah pada Kurikulum Merdeka. KARIMAH TAUHID, 2(6), 3086-3102.

Susilawati, N. (2013). Kelompok belajar sebagai modal sosial belajar siswa di sekolah. Humanus, XII(1), 11–14.

Zulaiha, S., Meldina, T., Agama, I., Negeri, I., Ak, J., No, G., Curup, D., & Lebong, R. (2022). Problematika guru dalam merdeka belajar menerapkan kurikulum. TERAMPIL Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2).

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Ardiawati, I. A. ., & Aliyyah, R. R. . (2024). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas Rendah. Karimah Tauhid, 3(1), 167–182. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11612
Abstract viewed = 39 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>