Akreditasi: Persepsi Mahasiswa Tentang Penjaminan Mutu

Main Article Content

Muhammad Riansyah
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan secara utuh dua hal utama dalam sistem penjaminan mutu pada lembaga pendidikan tingggi, yaitu; penjaminan mutu internal dan penjaminan mutu eksternal serta tujuan implementasi penjaminan mutu pada lembaga pendidikan. Dalam mendapatkan data penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif jenis library research, dengan cara mengumpulkan data-data dari buku, jurnal dan artikel. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan content analysis. Hasil penelitian ditemukan bahwa: Pertama, penjaminan mutu eksternal  meliputi: 1) kebijakan dan prosedur untuk penjaminan mutu; 2) persetujuan, pemantauan dan tinjauan berkala program dan penghargaan; 3) penilaian mahasiswa, 4) jaminan kualitas staf pengajar/dosen; 5) sumber belajar dan dukungan siswa; 6) sistem informasi; 7 ) informasi publik. Kedua, penjaminan mutu eksternal yaitu: 1) penggunaan prosedur; 2) pengembangan proses; 3) kriteria untuk keputusan; 4) proses sesuai dengan tujuan; 5) pelaporan; 6) prosedur tindak lanjut; 7) tinjauan pelaksanaan secara berkala; dan 8) analisis seluruh sistem. Ketiga, lima tujuan untuk penjaminan mutu pada lembaga pendidikan peningkatan, inovasi, komunikasi, motivasi dan pengawasan atau control.

Article Details

How to Cite
Riansyah, M., & Aliyyah, R. R. (2024). Akreditasi: Persepsi Mahasiswa Tentang Penjaminan Mutu. Karimah Tauhid, 3(2), 2583–2593. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12081
Section
Articles

References

Aliyyah, R.R.(2019). Profesionalisme Guru sebagai Aset Pengembangan Mutu Pendidikan.

Oviyanti, F. (2016). Tantangan Pengembangan Pendidikan Keguruan di Era Global. Nadwa, 7(2), 267

. https://doi.org/10.21580/nw.2013.7.2.562

Alliyah, r,r [2019] manajemen Lembaga Pendidikan

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.