Perspektif Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa: Kesadaran dan Perkembangan
DOI:
https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11008Keywords:
Perspektif Bahasa Inggris, Kesadaran Pentingnya Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa, Perkembangan Bahasa Inggris MahasiswaAbstract
Di era modern ini Bahasa Inggris sudah banyak dipahami oleh kebanyakan orang, tetapi hanya beberapa orang yang mampu berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Terdapat banyak inspirasi dalam menciptakan metode atau model pembelajaran Bahasa Inggris. Ada empat metode atau model belajar yang dapat digunakan yaitu, mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, serta model belajar apa yang mereka gunakan untuk mengembangkan serta mengatasi kendala yang dihadapi oleh mahasiswa. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan cara wawancara, dan hasilnya dibuat diagram, serta menggunakan kajian literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan di penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran, perkembangan, dan kemampuan Bahasa Inggris setiap responden berbeda, tetapi cenderung perlu dikembangkan dan ditingkatkan kembali.
References
Arrahma, F. Z., Mutiara, M., & Alfarisy, F. (2022). Kesadaran Mahasiswa Bahasa Asing Akan Pentingnya Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Indonesia. doi:https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.505
Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Al-tsaqafa. doi:https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1798
Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. Al-Kaff Jurnal Sosial Humaniora.
Oktavia, P., Mustakim, M. H., & Amalia, F. S. (2021). Perancangan Sistem Informasi LEUAGE Sebagai Media Pembelajaran. Juca.
Setyowati, L., Ambarsari, Y., & Muthoharoh, N. B. (2017). Pelatihan Pelafalan Kata-kata Bahasa Inggris Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru-guru Sakinah English Course. doi:https://doi.org/10.26877/e-dimas.v8i1.1368
Sya, M. F. (2015). The Improvement of Narrative Essay Writing Ability Through Peer Preview. Didaktika Tauhidi. doi:http://dx.doi.org/10.30997/dt.v2i2.307
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Dikdatika Tauhid. doi:https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, H. I. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry of Indo-Harry Potter to Design Foreig Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching, and Educational Reseach. doi:https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19
Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibnu Khaldun International Journal of Economic, Community, Empwerment, and Sustainability.
Tambunsaribu, G., & Yusniaty, G. (2021). Masalah Yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris Dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris, 8(2338-2635), https://doi.org/10.33541/dia.v8i1.3110.
Wang, Y., & Daller, J. T. (2017). Explaining listening comprehension among L2 learners of English: The contribution of general language proficiency, vocabulary knowledge and metacognitive awareness. ResearchGate. doi:https://doi.org/10.1016/j.system.2016.12.013
Widyahening, C. M. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Komunikasi Pendidikan. doi:https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Syahara Putri Kholifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.