Perspektif Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa: Kesadaran dan Perkembangan

Main Article Content

Syahara Putri Kholifah
Mustika Assa Nurani Hakiki

Abstract

Di era modern ini Bahasa Inggris sudah banyak dipahami oleh kebanyakan orang, tetapi hanya beberapa orang yang mampu berkomunikasi dengan Bahasa Inggris. Terdapat banyak inspirasi dalam menciptakan metode atau model pembelajaran Bahasa Inggris. Ada empat metode atau model belajar yang dapat digunakan  yaitu, mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan mahasiswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, serta model belajar apa yang mereka gunakan untuk mengembangkan serta mengatasi kendala yang dihadapi oleh mahasiswa.  Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan cara wawancara, dan hasilnya dibuat diagram, serta menggunakan kajian literatur dengan mencari referensi teori yang relevan dengan kasus atau permasalahan di penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran, perkembangan, dan kemampuan Bahasa Inggris setiap responden berbeda, tetapi cenderung perlu dikembangkan dan ditingkatkan kembali.

Article Details

How to Cite
Kholifah, S. P., & Hakiki, M. A. N. . (2024). Perspektif Pembelajaran Bahasa Inggris Mahasiswa: Kesadaran dan Perkembangan. Karimah Tauhid, 3(1), 957–964. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11008
Section
Articles

References

Arrahma, F. Z., Mutiara, M., & Alfarisy, F. (2022). Kesadaran Mahasiswa Bahasa Asing Akan Pentingnya Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Indonesia. doi:https://doi.org/10.59141/japendi.v3i01.505

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). Problematika Budaya Berbicara Bahasa Inggris. Al-tsaqafa. doi:https://doi.org/10.15575/al-tsaqafa.v14i1.1798

Nurani, A. F., Sya, M. F., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas Penggunaan Picture Series Dalam Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. Al-Kaff Jurnal Sosial Humaniora.

Oktavia, P., Mustakim, M. H., & Amalia, F. S. (2021). Perancangan Sistem Informasi LEUAGE Sebagai Media Pembelajaran. Juca.

Setyowati, L., Ambarsari, Y., & Muthoharoh, N. B. (2017). Pelatihan Pelafalan Kata-kata Bahasa Inggris Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru-guru Sakinah English Course. doi:https://doi.org/10.26877/e-dimas.v8i1.1368

Sya, M. F. (2015). The Improvement of Narrative Essay Writing Ability Through Peer Preview. Didaktika Tauhidi. doi:http://dx.doi.org/10.30997/dt.v2i2.307

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Dikdatika Tauhid. doi:https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, H. I. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry of Indo-Harry Potter to Design Foreig Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching, and Educational Reseach. doi:https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., Kartakusumah, B., & Maufur, M. (2022). Perception of English Difficulties to Improve Learning Design. Ibnu Khaldun International Journal of Economic, Community, Empwerment, and Sustainability.

Tambunsaribu, G., & Yusniaty, G. (2021). Masalah Yang Dihadapi Pelajar Bahasa Inggris Dalam Memahami Pelajaran Bahasa Inggris, 8(2338-2635), https://doi.org/10.33541/dia.v8i1.3110.

Wang, Y., & Daller, J. T. (2017). Explaining listening comprehension among L2 learners of English: The contribution of general language proficiency, vocabulary knowledge and metacognitive awareness. ResearchGate. doi:https://doi.org/10.1016/j.system.2016.12.013

Widyahening, C. M. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Komunikasi Pendidikan. doi:https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913