Proses Pengembangan Perencanaan Pembelajaran yang Efektif dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik

Main Article Content

Syahara Putri Kholifah
Yasinta Rahma

Abstract

Pendidikan memainkan peran utama dalam mengubah individu menjadi anggota masyarakat yang kritis, kreatif, dan adaptif. Namun, pandemi Covid-19 telah mengakibatkan gangguan serius dalam sektor pendidikan, termasuk penurunan daya kritis dan keaktifan peserta didik. Untuk mengatasi tantangan ini, peneliti bertujuan untuk mengkaji proses pengembangan perencanaan pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan keaktifan peserta didik. Melalui metode studi literatur, penelitian ini menganalisis langkah-langkah penting dalam pengembangan perencanaan pembelajaran, dimulai dengan menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, lalu membuat tujuan pembelajaran yang jelas., memilih bahan materi yang mendukung tujuan, hingga menentukan metode pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Dengan memperhatikan langkah-langkah ini, diharapkan pembelajaran bisa lebih efektif dan menghasilkan peserta didik yang aktif, kritis, dan kreatif. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam upaya menjaga relevansi dan adaptabilitas pendidikan di tengah-tengah perubahan yang terus berlangsung, serta memberikan panduan praktis bagi pendidik dan praktisi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Kholifah, S. P., & Rahma, Y. (2024). Proses Pengembangan Perencanaan Pembelajaran yang Efektif dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik . Karimah Tauhid, 3(6), 6334–6351. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i6.13447
Section
Articles

References

Aflah, M. N., & Rahmani, E. F. (2018). Analisa Kebutuhan (Need Aalysis) Mata Kuliah Bahasa Inggris untuk Mahasiswa Kejuruan. Jurnal Pendidikan Bahasa, 77-89. doi:https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i1.828

Aliyyah, R. R., & Abdurakhman, O. (2016). Pengelolaan kelas rendah di SD Amaliah Ciawi Bogor. Jurnal Sosial Humaniora, 81-95. doi:https://doi.org/10.31227/osf.io/z26fq

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. (Amiruddin, Ed.) Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Darman, R. A. (2020). Belajar dan Pembelajaran. Guepedia The First On-Publisher in Indonesia.

Djamarah, S. B., & Zein, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2020). Pentingnya Penyusunan RPP untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar Mengajar di Kelas. IDAROTUNA: Jurnal Administrative Science. doi:https://doi.org/10.54471/idarotuna.v1i2.10

Haque, N. (2014). A Brief Study on Need Analysis. Express, an International Journal of Multi Disciplinary Research, 1(1).

Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Evaluasi Pembelajaran. EDUCATOR : Directory of Elementary Education Journal, 164-180. doi:https://doi.org/10.58176/edu.v2i2.157

Irwan, I. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Peningkatan Minat Belajar. IQRO: Jurnal of Islamic Education, 43-54. doi:https://doi.org/10.24256/iqro.v1i1.312

Khairunnisa, S., Fitriani, F., & Safran, S. (2024). Inovasi Dalam Perencanaan Pembelajaran Untuk Mendorong Keaktifan Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 193-197. doi:https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i1.417

Kurniawati, L., Akbar, R. O., & Misri, M. A. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Praktikum terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 3 Sumber Kabupaten Cirebon. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 62-74. doi:http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v4i2.30

Kurniawati, W. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. JURNAL AN-NUR: Kajian Ilmu-Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1-10.

Lathifah, Z. K., Adri, H. T., Utami, I. I., Sya, M. F., & Uslan. (2021). Analysis of the Effectiveness of Blended-Based Classroom. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 147-162. doi: 10.30997/dt.v8i2.4557

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 9-16.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur. ITTIHAD: Jurnal Pendidikan, 185-195.

Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sain dan Komputer, 58-64. doi:https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1974

Putri, A. F., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis siswa dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power of Two di SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 605-610. doi:https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.561

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama dan Kebudayaan, 206-231.

Rahmayanti, H., & Ichsan, I. Z. (2021). Hubungan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. doi:http://dx.doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.19275

Ridwan, M., AM, S., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah. Jurnal Masohi. doi:http://dx.doi.org/10.36339/jmas.v2i1.427

Savira, A. N., Fatmawati, R., Z, M. R., & S, M. E. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceraah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematics (Factor M), 43-56. doi:https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.963

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183-193. doi:https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikann Guru Sekolah Dasar, 71-81. doi:https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Syahputra, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Guru Pertama dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran dan Materi Pembelajaran pada RPP melalui Bimbingan. Journal Ability: Journal of Education and Social Analysis, 123-139. doi:https://doi.org/10.51178/jesa.v3i2.536

Wahid, A. (2020). Jurnal Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. ISTIQRA'.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo: Electronics, Informatics, and Vocational Education. doi:https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Widyanto, P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Ppembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 16-35. doi:https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607

Widyasari, W., Rasmitadila, R., & Prasetyo, T. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Bogor: WADE Group Publishing.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 3928-3936. doi:https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yohanda, R. (2020). Metode Studi Kasus: Upaya-Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 113-130. doi:https://doi.org/10.15408/kordinat.v19i1.17178

Most read articles by the same author(s)