Presentasi Kelas untuk Melatih Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa

Main Article Content

Siti Nurazizah
Naya Sabrina

Abstract

Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sangat penting untuk semua kalangan. Salah satunya adalah kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa dengan menggunakan metode presentasi. Akan tetapi, kemampuan berbicara mahasiswa terhadap bahasa Inggris belum maksimal, walaupun pembelajaran bahasa Inggris sudah bukan hal yang baru lagi untuk mahasiswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan metode presentasi pada mahasiswa tingkat satu program studi pendidikan guru sekolah dasar (PGSD). Metode penelitian ini dengan melakukan wawancara terhadap lima mahasiswa dan melakukan kajian pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa dengan metode presentasi dalam pembelajaran bahasa Inggris cukup optimal. Pembelajaran bahasa Inggris melalui metode presentasi ini dianggap sulit, karena mahasiswa kurang meningkatkan kosa kata untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris serta malu untuk bertanya dan berpendapat.

Article Details

How to Cite
Nurazizah, S., & Sabrina, N. (2024). Presentasi Kelas untuk Melatih Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa . Karimah Tauhid, 3(3), 3391–3397. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12520
Section
Articles

References

Al-Nouh, N. A., Abdul-Kareem, M. M., & Taqi, H. A. (2015). EFL College Students’ Perceptions of the Difficulties in Oral Presentation as a Form of Assessment. International Journal of Higher Education, 4(1). https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p136

Astuti, E. S. (2019). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Speaking Performance Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya, 25(2), 27–33. https://doi.org/10.33503/paradigma.v25i2.543

Budiningtyas, N. (2016). Penerapan Pendekatan ECLECTIC Dalam Pembelajaran. 1–23.

Nuresa, Sya, M. F., & Muhdiyati. (2023). CIRC DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAFALAN ALPHABET BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i2.6404

Saini, F., Halimah, N., & ... (2021). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris Melalui Kegiatan English Area di IAIN Manado. NYIUR-Dimas …, 1(2), 65–76. https://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/nyiur/article/view/379%0Ahttps://ejournal.iain-manado.ac.id/index.php/nyiur/article/view/379/250

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education : Victor Schwab Theory Analysis. 12(1).

Wardhani, N. P. (2021). Dampak Presentasi di dalam Kelas terhadap Perkembangan Berbicara dalam Bahasa Inggris di Pembelejaran EFL Norita. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 116–122.

Wulandari, & Mandasari. (2019). Penggunaan Video untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara dalam Bahasa Inggris Mahasiswa Bidang Studi Keperawatan. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 189–197.

Most read articles by the same author(s)