Penerapan Bahasa Inggris dalam Dunia Pendidikan

Main Article Content

Nafisah Deviyanti
Siti Nurazizah

Abstract

Bahasa merupakan alat komunikasi seseorang secara social yang digunakan untuk berfikir juga merupakan sumber awal para peserta didik untuk dapat memahami apa saja yang ada disekitar mereka juga untuk dapat sebuah ilmu pengetahuan. Penerapan bahasa Inggris dalam Pendidikan memiliki peran khusus terhadap kehidupan di masyarakat dalam kinerja Pendidikan, menjadikannya bahasa Inggris sesuatu yang sangat penting. Namun kita juga tidak lupa akan peranan penting dari sebuah bahasa Indonesia yang merupakan bahasa Nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bahasa Inggris yang diterima oleh tenaga pendidik serta para peserta didik. Metode penelitian ini dilakukan dengan wawancara terhadap lima mahasiswa juga satu guru tingkat menengah atas dan juga melakukan kajian Pustaka. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahawa pengauh penerapan bahasa Inggris sangat penting dalam kinerja Pendidikan, karena meningkatkan kemampuan para peserta didik dan akan bermanfaat dalam dunia kerja mereka nantinya. Dunia kerja tidak hanya membutuhkan seseorang yang paham dalam bahasa Indonesia namun juga membuthkan seorang yang bisa dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Inggris itu sendiri.

Article Details

How to Cite
Deviyanti, N., & Nurazizah, S. . (2024). Penerapan Bahasa Inggris dalam Dunia Pendidikan. Karimah Tauhid, 3(4), 4381–4386. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12625
Section
Articles

References

Auranissa Hernanda, V., Yasyfa Azzahra, A., & Alfarisy, F. (2022). Pengaruh Penerapan Bahasa Asing dalam Kinerja Pendidikan. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(1), 88–95. https://doi.org/10.36418/jiss.v3i1.514

Kusuma, C. S. D. (2019). Integrasi bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24493

Ningsih, H. D. P. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Media Batang Es Krim. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 7(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/jiv.0701.5

Putranti, B. . & A. S. (2019). Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Di Lingkungan Rt 37 Rw 13 Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND Yogyakarta, 2(2), 177–183.

Putri, & Wijayanti. (2008). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN. 155, 282.

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education : Victor Schwab Theory Analysis. 12(1).

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.02