Metode Perumusan Tujuan Pembelajaran yang Efektif dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar

Main Article Content

NAFISAH DEVIYANTI

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam pembentukan individu dan masyarakat yang berkualitas. Dalam konteks pendidikan, perencanaan pembelajaran menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan berorientasi pada hasil. Melalui perencanaan pembelajaran yang baik, pendidik dapat mengadaptasi strategi dan metode yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam proses pembelajaran, pengenalan terhadap kebutuhan dan karakteristik siswa menjadi esensial untuk merancang pengalaman pembelajaran yang efektif dan inklusif. Ini menjadi dasar untuk menyusun strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan memastikan setiap siswa mendapatkan kesempatan untuk mencapai potensi maksimal mereka. Dengan merumuskan tujuan yang spesifik dan relevan, pendidik dapat memilih strategi pengajaran yang sesuai, menentukan bahan pembelajaran yang tepat, menentukan metode belajar, sumber dan media pembelajaran serta evaluasi. Dengan demikian, tujuan pembelajaran menjadi inti dari proses pembelajaran yang efektif.

Article Details

How to Cite
DEVIYANTI, N. (2024). Metode Perumusan Tujuan Pembelajaran yang Efektif dalam Mendukung Proses Belajar Mengajar. Karimah Tauhid, 3(5), 5729–5732. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13212
Section
Articles

References

Amanda, Y. (2019). Kemampuan Guru Dalam Merumuskan Tujuan Pembelajaran PPKN Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sukoharjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Dewi, N. (2020). Penerapan Taksonomi Bloom pada Pembelajaran Bahasa Di Kelas 2 SD Bali Kiddy. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 27(2), 184. https://doi.org/10.24843/ling.2020.v27.i02.p10

Intan, D. N. (2022). Strategi Guru untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3302–3313. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2287

Margareth, H. (2017). STANDAR KOMPETENSI DAN PERUMUSAN TUJUAN PEMBELAJARAN. Экономика Региона, 32.

Sya, M. F. (2015). Keterampilan Menulis Esai Naratif Bahasa Inggris Melalui Strategi Peer Review. Didaktika Tauhidi, 2(2), 97–106.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Syariah, K. B., & Ilmu, G. (n.d.). PERUMUSAN TUJUAN PEMBELAJARAN DAN SOAL KOGNITIF BERORIENTASI PADA REVISI TAKSONOMI BLOOM DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. 1(september 2016), 1–6.

Most read articles by the same author(s)