Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran

Main Article Content

Syahyuni Anggun Anggraeni
Siti Nurazizah

Abstract

Perencanaan pembelajaran adalah proses penting untuk memastikan bahwa pembelajaran berjalan dengan baik dan efektif. Ini termasuk mengidentifikasi kebutuhan siswa, menetapkan tujuan SMART, memilih metode dan materi pembelajaran, dan membuat rencana pembelajaran. Tujuan utamanya adalah mengarahkan proses pembelajaran, menetapkan tujuan yang jelas, dan menemukan kebutuhan siswa. Fungsi-funsinya mencakup inovasi, kreatifitas, seleksi, komunikasi, prediksi, akurasi, pencapaian tujuan, dan kontrol. Untuk memenuhi kebutuhan siswa, guru dapat menggunakan model pengembangan perangkat desain pembelajaran seperti ASSURE, Dick and Carrey, PPSI, dan 4-D. model pembelajaran tambahan seperti reasoning and problem solving, iquiry training, dan problem-based instruction juga dapat digunakan. Perencanaan pembelajaran yang efektif sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran ini mencakup analisis kebutuhan siswa, membuat tujuan pembelajaran, memilih bahan materi yang mendukung, menentukan metode yang tepat dan memilih sumber dan media pembelajaran yang sesuai, dan menetapkan penilaian dan evaluasi. Dengan demikian, perencanaan pembelajaran yang tepat adalah kunci mencapai hasil pembelajaran yang diinginkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif jenis studi dokumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memberikan peneliti pemahaman lebih baik tentang Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Anggraeni, S. A. ., & Nurazizah, S. (2024). Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran . Karimah Tauhid, 3(5), 5548–5562. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13204
Section
Articles

References

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631

Andayani, S. (2021). DESAIN PERENCANAAN PEMBELAJARAN. Bermain Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, 7(1), 1–10.

Azzahra, S., & Sya, M. F. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338.

Fahroni, A. (2022). Urgensi Perencanaan Pembelajaran Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Kendal, 13(2), 49–61.

Hafid, H. A. (2011). Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal Sulesana, 6(2), 69–78. journal.uin-alauddin.ac.id

Hanum, L. (2017). Perencanaan Pembelajaran. In Perencanaan Pembelajaran (Issue October). https://doi.org/10.52574/syiahkualauniversitypress.270

Kosassy, S. O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 14(1), 152–173. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211

Lase, F. (2020). Peran Perencanaan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 149–157. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.22

Margareth, H. (2017). PERENCANAAN PEMBELAJARAN DAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING PENULIS. In Экономика Региона.

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.