Pentingnya Peran Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Authors

  • Syahyuni Anggun Anggraeni Universitas Djuanda
  • Neli Lailatul Afifah Universitas Djuanda
  • Mery Yanti Cantika Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12742

Keywords:

Peran, Motivasi, Pembelajaran, Bahasa Inggris

Abstract

Motivasi berperan penting dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Karena, jika seseorang tidak memiliki motivasi dalam proses belajarnya maka dia akan kesulitan dalam mencapai tujuan belajarnya. Belajar Bahasa Inggris tidaklah mudah, oleh karena itu dibutuhkan motivasi untuk mendorong ketekunan belajar, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan kualitas belajar. Motivasi belajar juga sangat penting karena dapat mempengaruhi hasil belajar tersebut. Seseorang yang termotivasi cenderung menunjukkan lebih banyak semangat dan fokus Ketika menghadapi tantangan belajar. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui seberapa penting peran motivasi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu dengan melakukan wawancara terhadap lima mahasiswa Universitas Djuanda. Menurut hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi memegang peranan penting dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris.

References

Agung, I. G. A. M., Skolastika, I. M. P., & Widiantara, D. S. M. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Bagi Siswa Sma Dan Smk Melalui Program “Mengabdi Padamu Negeri.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(4), 3064. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.9378

Ilham Taufiqurrochman. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 30(2), 196.

Mubarok, T. A. (2019). Motivasi Belajar Bahasa Inggris pada Siswa Madrasah Aliyah Darul Mutaallimin Sugihwaras Patianrowo Nganjuk. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(1), 118. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i1.277

Nurmalasari, A., & Isfahani, R. (2021). Hubungan Motivasi Belajar dan Optimisme Masa Depan dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kesehatan SMKN 9 Kota Tangerang. 4(1), 6–13.

Rahmat, H., & Jannatin, M. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 98–111.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8108

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (n.d.). Penulisan Poster di Perguruan Tinggi: Analisis Teori Victor Schwab. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra/

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Wahyu, S. B. (2018). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS DI SMP KABUPATEN BOGOR. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 1–12.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Anggraeni, S. A. ., Afifah, N. L., & Cantika, M. Y. (2024). Pentingnya Peran Motivasi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(4), 4083–4090. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12742