Pembelajaran Bahasa Asing Menerapkan Metode Grammar Translation Method, Direct Method, Audio-Lingual Method, dan Silent Way Pada Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Abstract
Bahasa berfungsi sebagai alat komunikasi manusia untuk berinteraksi dan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa memperoleh keterampilan berbahasa yang baik sebagai persiapan menghadapi tantangan masa depan. Data dikumpulkan melalui data analisis dari teori-teori yang terdahulu seperti, artikel, buku, karya karangan dan hasil observasi dari presentasi dikelas. Hasil penelitian diperileh empat tema utama: Metode Terjemahan Tata Bahasa (Grammar Translation Method), Metode Langsung (Direct Method), Metode Audiolingual (Audio-lingual Method), Metode Diam (Silent Way). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari keempat metode pembelajaran Bahasa inggris memiliki peran penting pada pembelajaran Bahasa target sehingga siswa mudah untuk memahami bahasa tertentu. Keempat metode ini dapat digunakan tergantung kebutuhan siswa. Oleh karena itu, siswa harus mampu menguasai Bahasa target dengan baik untuk kepentingan masa depan. Penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan metode pembelajaran dapat membantu siswa meningkatkan bahasanya.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Adelina, M. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa. Susunan Artikel Pendidikan, 1. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i3.1279
Agustin, Y. (2011). Kedudukan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Dunia Pendidikan.
Amelia, D., & Dwi Basuki, D. (2022). Efektifitas Metode Audio-Lingual Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Teks Dialog Pada Siswa Kelas 3 SD di Kota Karawang. Jurnal Ilmiah Indonesia, 10(7). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.13062
Ayu Prihatini, D. (2014). Penggunaan Metode Silent Way Dalam Pengajaran Bahasa Inggris di PIA English Course.
Bakri, M. A. (2017a). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab.
Bakri, M. A. (2017b). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Al-Maraji. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1.
Budiharto, A. (2018). The Role of Silent Way Method to English Teaching in a Private Islamic Middle School. Jurnal SOLMA, 7(2), 161. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1396
Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. In Karimah Tauhid (Vol. 1). https://doi.org/https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i4.7817
Giyoto. (2021). Solusi pada Kesulitan Dosen dalam Penggunaan Direct Method pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing di PTKIN. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3, 86–95. https://doi.org/10.26499/jbipa.v3i2.4203
Handika Dana, K., Sudarma Km, I., & Murda Nym, I. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa Dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19284
Junanah. (2014). Silent Way: Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Mendorong. In 41 EL-TARBAWI (Vol. 7, Issue 1). https://doi.org/https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art4
Khomsin, & Rahimmatussalisa. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872
Kurnia Ambarwati, N., Wiryasaputra, R., & Puspasari, S. (2016). Pembangunan Modul Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Grammar Translation Method Berbasis Android. https://doi.org/https://doi.org/10.31937/ti.v8i2.516
Luthfiyah, L. (2020). Penerapan Metode Silent Way dalam Meningkatkan Kemampuan berbahasa Arab di MI. Miftahul Ulum Karang Semanding Balung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5.
Naiborhu, R. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Metode Bermain Peran. Jurnal Global Edukasi, 3(1), 7–12.
Octaviani Kurnia, S., Arumsari, & Vulandari Tri, R. (2017). Penerapan Metode Grammar Translation Untuk Mengembangkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Siswa SMK Saraswati. In ADIWIDYA (Vol. 1). https://doi.org/https://doi.org/10.33061/awpm.v1i1.1939
Oktaviani, I., Fitriani, D., & Kusumajati, W. K. (2020). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa melalui Metode Audio Lingual. www.mtsn1kabbekasi.com.
Ratminingsih, N. M. (2019). Pro Kontra Insersi Pembelajaran Bahasa Inggris di SD.
Ridwan, M., Sya, M. F., & Kholik, A. (2024). Analisis Pemerolehan Bahasa Kedua Siswa Kelas 1 di Pittyaphat Suksa School Thailand (Vol. 3).
Rohmah, S., & Ifadah, M. (2018). Pemanfaatan Metode Audiolingual Melalui Repetition Drill Untuk Meningkatkan Pronunciation Siswa Kelas XI MIPA 6 di SMA N 9 Semarang. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Unimus (Vol. 1).
Sarjani Irma, A., & Sunarti, H. (2020). Peran Pembelajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemelajar Bahasa Asing Menggunakan Integrasi Metode GTM-CLT.
Simorangkir, I. M., & Passandaran, Y. M. (2017). Penggunaan Audio-Lingual Method dalam Pelatihan Bahasa Inggris pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Yayasan Mahabbatul Yatim Ciangsana Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 174–183. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v10i1.411
Susini, M., & Ndruru, E. (2021). Strategi Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris. Linguistic Community Service Journal, 1(2), 2021. https://doi.org/10.22225/licosjournal.v1i2.2732
Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348
Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97.