Penerapan Sistem Data Pokok Pendidikan Pada Sekolah Dasar

Main Article Content

Endang Handayani
Rusi Rusmiati Aliyyah
Rusli Abdul Gani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan guru dalam menggunakan Sistem Data Pokok Pendidikan pada sekolah dasar yang digunakan di sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap 15 dari operator sekolah, guru kelas dan guru mata pelajaran di sekolah dasar di empat kota di wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Analisis data menggunakan analisis kualitatif tematik. Analisis menemukan empat tema utama: manfaat, tantangan, dukungan dan dalam penerapan sistem data pokok pendidikan pada sekolah. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan Sistem Data Pokok Pendidikan Pada Sekolah Dasar memiliki manfaat yaitu Mutu Pendidikan, mengenai dana BOS, dan Pengelolaan data-data, kemudian terdapat tantangan yaitu Mengupdate Aplikasi, sistem eror, Jaringan, Adapun Dukungan yaitu Dukungan kepala sekolah dan rekan guru, sosialisasi yang tepat kepada guru mengenai penggunaan sistem dapodik, sarana dan prasarana. Dan saran yaitu mampu manajemen pekerjaan dapodik, melakukan sosialisasi terhadap pentingnya sistem dapodik, melengkapi sarana teknologi. Penelitian ini berkontribusi untuk mengetahui penerapan dalam menggunakan sistem Data Pokok Pendidikan pada sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Handayani, E., Aliyyah, R. R., & Gani, R. A. (2024). Penerapan Sistem Data Pokok Pendidikan Pada Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(3), 2779–2803. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12226
Section
Articles

References

Afriani, R. (2021). Analisis Kemanfaatan Dapodik Dalam Pelaksanaan Administrasi Sekolah Di SMAN 5 Banda Aceh.

Alfiah, S., & Aliyyah, R. R. (2021). Uji Kompetensi Guru : Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Sertifikasi Guru Di Aceh.

Aliyyah, R. R., Rasmitadila, Gunadi, G., Sutisnawati, A., & Febriantina, S. (2023). Perceptions of elementary school teachers towards the implementation of the independent curriculum during the COVID-19 pandemic. Journal of Education and E-Learning Research, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.20448/jeelr.v10i2.4490

Aliyyah, R. R., Widyasari, W., Mulyadi, D., Ulfah, S. W., & Rahmah, S. (2019). Guru Berprestasi Sumber Daya Manusia Pengembang Mutu Pendidikan Indonesia. Journal of Administration and Educational Management (Alignment), 2(2), 157–165. https://doi.org/10.31539/alignment.v2i2.957

Destiarini, & Munir, A. (2021). Informatika Dan Tekonologi (INTECH) Analisis Aplikasi DAPODIK SD Versi 2022.a Dengan Menggunakan Metode Usability Testing. JURNAL INTECH, 2(2), 1–6.

Linta Auliasany, T., & Komalasari, D. (2023). Implementasi Media Sistem Dapodik Dalam Optimalisasi Kompetensi Profesional Guru PAUD Di Kabupaten Mojokerto. Ejournal Unesa, 12(1), 23027363. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/index

Luthfi Yaumul Adha, F., Luthfi Hamzah, M., Maita, I., & Marsal, A. (2021). Analisis Penerimaan Pengguna Dapodik Sekolah Dasar Kecamatan Tampan Menggunakan Model TAM dan EUCS. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 18(2), 196–205.

Muhamad, A., Sanusi, A., & Suharyanto. (2022). Strategi Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam rangka Meningkatkan Kinerja Operator Sekolah (Studi Kasus di SMA Lepesa Cililin dan SMA YAS Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat) Kata kunci. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1649. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Muhammad, M., Mahmud, U., & Firdaus, F. (2023). Implementation Of Basic Data Application Of Education (DAPODIK) In Data Collection Of Basic Education Principal (DAPODIKNAS) At SD Inpres Barru 1 Barru District Barru Regency. Meraja Journal, 6(1).

Nurhalijah. (2020). Analisis Pengaruh Implementasi Sistem Dapodik Terhadap Kinerja Guru SMKN 2 Banda Aceh (Studi Kasus SMKN 2 Banda Aceh).

Rahmi Sonia, N. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (SIMDIK) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic, 1, 94–104. http://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem

Rusnati, I., Fakry Gaffar, M., Komariah, A., & Suhardan, D. (2022). Pemanfaatan Sistem Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Dalam Pengelolaan Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 19(1), 1–8. http://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs

Samar, Rudiyansyah, & Inayati Saipul, N. (2021). Pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Jenjang SD Dalam Mempengaruhi Formulasi Kebijakan Pemerintahan Daerah Pada Dinas Pendidikan di Kabupaten Biak Numfor. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, 2. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium

Utama Revo. (n.d.). Implementasi Sistem Informasi Sekolah.

Widanti Tirka, N. P. (2022). Implementasi Kebijakan Interdepensi Fakta-Nilai Dalam Proses Pengimputan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) Di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama Geen School Bali. Jurnal Papatung, 5(1).