Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Peserta Didik Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Endang Handayani

Abstract

Bahasa Inggris di SD/MI dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa yang digunakan untuk menyertai tindakan. Pada umumnya komponen bahasa terdiri dari tiga, yaitu grammar (tata bahasa), vocabulary (kosakata), dan pronunciation (pelafalan). Pengajaran vocabulary (kosakata) pada anak sekolah dasar harus ditekankan, karena dengan mempunyai kosakata yang cukup akan mempermudah anak dalam berkomunikasi. Pronunciation (pelafalan) sangat penting dalam pengembangan kosa kata karena melibatkan pembedaan antara bunyi-bunyi yang bergabung untuk membentuk kata-kata, apabila seorang siswa sudah terbiasa salah dalam pengucapan sebuah kata maka ada kecenderungan tidak bisa memberikan informasi yang jelas. Vocabulary (kosakata) semakin banyak kosa kata yang dikuasai siswa maka semakin mudah untuk belajar bahasa Inggris di kelas. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu studi literatur, Studi Literatur adalah cara untuk menyelesaikan persoalan dengan menelusuri sumber-sumber tulisan yang pernah dibuat sebelumnya. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan mencari referensi dari beberapa jurnal. Teknik analisis data menggunakan model miles & huberman yaitu dengan menyajikan data, mereduksi data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Sekolah Dasar mengalami kesulitan belajar penguasaan kosa kata bahasa Inggris yang beragam. Hal tersebut terjadi akibat factor minimnya tingkat penguasaan bahasa Inggris yang berbeda-beda.

Article Details

How to Cite
Handayani, E. (2024). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 771–781. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.7903
Section
Articles

References

Dosen Stkip An-Nur, N., & Kec, D. L. (2311). Meningkatkan Kosa Kata Dalam Teks Bacaan Bahasa Inggris Dengan Menerapkan Strategi Membaca Nyaring.

Lindawati, N. P. (2018). KEEFEKTIFAN PENGAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA ANAK SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN FLASH CARD (Vol. 2, Issue 2).

Megawati, F. (2016). Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif. www.ojs.umsida.ac.id

Nastiti, M. (2017). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Negeri 43 Tapang Aceh Tahun Ajaran 2019/2020.

Pendidikan, J., Dakwah, D., Saridevita, A., Suhendar, A., Hasan, N., Kunci, K., Pelafalan, K., & Inggris, K. B. (2022). A n w a r u l Analisis Kesulitan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Kelas v Sdn Pondok Makmur. Agustus, 2(4), 364–373. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Media Flash Card Di Sekolah Dasar (Vol. 4).

Suhayati, L., Tazkiyatul Ummami, R., & Artikel, R. (n.d.). Buku Cerita Dwi Bahasa: Upaya Meningkatkan Kosakata Dan Pelafalan Bahasa Inggris Anak Di Tpa Al-Ikhlas Pondok Aren Info Artikel Abstrak. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(3), 255–263.

Sumriana. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Metode Latihan Siswa Kelas 3 Sdn 5 Kayumalue Ngapa Kecamatan Palu Utara Sumriana.

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. Didaktika Tauhidi : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Most read articles by the same author(s)