Pemahaman Pembelajaran Bahasa Inggris: Kesulitan dan Tantangan

Main Article Content

Siti Marwa Awaliah
Detria Rahmawati

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan sebagai bahasa antar Negara. Bahasa Inggris masih saja dianggap sebagai tentangan bagi para pelajar. Kemampuan berbahasa Inggris ialah keahlian yang penting sekali untuk siswa, dan sangat penting juga untuk melajutkan jenjang pendidikan hingga sekolah tinggi. Namun demikian masih ada lagi mahasiswa masih belum terampil bahasa Inggris. Penelitian ini bermaksud supaya mendapatkan informasi perihal kesulitan yang dialami para pelajar bahasa Inggris dan seberapa kemampuan pemahaman mereka dalam pelajaran bahasa Inggris. Metode ini adalah dengan melakukan wawancara terhadap 5 mahasiswa dan melakukan kajian pustaka. Hasilnya adalah ternyata 5 mahasiswa ini merasa bahwa masih belum mampu dalam kosa kata, ketika berbicara dan mendengarkan orang lain (listening), saat belajar gammar pun masih bingung dan kesulitan. Dari sini bisa diketahui bahwa walaupun bahasa Inggris telah dikaji sejak Pendidikan Dasar sampai perguruan tinggi pun masih banyak yang merasa bahwa bahasa Inggris itu sangat sulit untuk di pahami dan kemampuan merekapun kurang.

Article Details

How to Cite
Awaliah, S. M. ., & Rahmawati, D. (2024). Pemahaman Pembelajaran Bahasa Inggris: Kesulitan dan Tantangan. Karimah Tauhid, 3(3), 3442–3448. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12542
Section
Articles

References

Darmawan, D. (2019). Anak Usia Dini Kesulitan Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://eprints.ums.ac.id/63834/4/BAB II..pdf

Didik, P. P., Soepomo, J., & Hp, N. (2017). Diagnosis kesulitan belajar mahasiswa pada mata kuliah perkembangan peserta didik. 3(1), 88–94.

Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Viii Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 333. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p333-346

Kurniati, D. (2015). Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Menyimak Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Semester III PBI IAIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran. PBI IAIN Raden Intan, 8(1), 22.

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas penggunaan picture series dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Journal Pendidikan Indonesia, 2(1), 1–20.

Susanthi, I. G. A. A. D. (2020). Kendala dalam Belajar Bahasa Inggris dan Cara Mengatasinya. Linguistic Community Services Journal, 1(2), 64–70. https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2658.64-70

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Syandri, G. (2023). Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Konteks English for Spesific Purpose (Esp) Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Inovasi Pendidikan, 10(1), 19–28. https://doi.org/10.31869/ip.v10i1.4458