Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Metode Talking Stick Pada Mata Pelajaran Matematika

Main Article Content

Tuti Rahmayanti
Rusi Rusmiati Aliyyah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode talking stick untuk meningkatkan keaktifan peserta didik terhadap pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model Kemmis dan MC Taggart yang melibatkan empat tahapan diantaranya perencaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaksanakan menggunakan kuisioner. Objek penelitian ini merupakan peserta didik kelas IV SDN Banjarsari 01 Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor dengan jumlah responden 30 peserta didik. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 80% peserta didik aktif selama pembelajaran. Hasil pra siklus menunjukan  bahwa 12 (40%) peserta didik aktif dan sebanyak 18 (60%) peserta didik tidak aktif. Pada siklus pertama diperoleh hasil 21 (70%) peserta didik aktif dan 9 (30%) peserta didik tidak aktif, sedangkan pada siklus II menunjukan bahwa  26 (86%) peserta didik aktif dan 4 (14%) peserta didik tidak aktif. Kenaikan keaktifan pra siklus ke siklus I (70% − 40%) = 30%  kenaikan. Keaktifan belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu (86% ­− 70%) = 16% tingkat kenaikan. Oleh karena itu, tingkat kenaikan sebelum dilakukannya siklus sampai adanya siklus II yaitu sebesar (30% + 16%) = 46%.  Dari hasil tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode talking stick pada mata pelajaran matematika mampu mempengaruhi keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD (Sekolah Dasar).

Article Details

How to Cite
Rahmayanti, T., & Aliyyah, R. R. . (2024). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Metode Talking Stick Pada Mata Pelajaran Matematika. Karimah Tauhid, 3(2), 2477–2493. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12020
Section
Articles

References

Aliyyah, & Malia, Y. (2017). Inprovement of Science Learning Outcomes Using Audio-Visual Media on Learning the Properties of Light. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2). https://doi.org/10.30997/dt.v3i2.321

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Efforts Toimprove the Science Learning Results Through the Use of Learning Video Media. Sosial Humaniora, 12(April), 54–72.

Aliyyah, R. R., Rahayu, Y., & Ramdhani, M. R. (2022). Pengaruh Interaksi Edukatif terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 185–198. https://doi.org/10.30997/dt.v9i2.6844

Elu, M. E. J., Tupen, S. N., & Ningsih. (2021). Penerapan Model Talking Stick Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2).

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Murtiningsih. (2017). Penerapan model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran IPS di sekolah dasar. Universitas Negeri Malang, 99–106.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268

Pendidikan Tambusai, J., Fitri, A., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Ilmu Pendidikan, F. (2020). PENGARUH MEDIA PUZZLE ANGKA MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK TAMAN KANAK-KANAK (Vol. 4).

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Primawati, Ambiyar, & Ramadhani, D. (2017). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mengunakan Metode Talking Stick Improved Student Learning Activities and Outcome. Invotek, 17(1), 73–80.

Ramlah, Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117

Suradi, F. M., & Aliyyah, R. R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 113–124. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.351

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>