PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN BOJONG KIHARIB

Main Article Content

Ajeng Ayunia Syahputri
Irma Inesia Sri Utami

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilaksanakan di SDN Bojong Kiharib, ditemukan permasalahan yang berkaitan dengan motivasi belajar dan kecerdasan emosional siswa, seperti adanya siswa yang jarang sekolah, siswa cenderung tidak dapat mengelola emosinya dengan baik sehingga sering terjadi perkelahian antar siswa di dalam kelas, dan tidak semua siswa aktif dan antusias ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa. Lokasi penelitian ini yaitu di SDN Bojong Kiharib, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Sampel terdiri dari seluruh siswa kelas V, yakni berjumlah 45 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasi kausalitas dan desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuesioner untuk mengukur masing-masing variabel. Hasil akhir penelitian ini menunjukan uji t dari variabel X terhadap variabel Y diperoleh nilai thitung > ttabel (6,211 > 2,017). Besar pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 47,3%. Oleh karena H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SDN Bojong Kiharib Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan pengaruh sebesar 47.3%.

Article Details

How to Cite
Syahputri, A. A., & Irma Inesia Sri Utami. (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN BOJONG KIHARIB . Karimah Tauhid, 2(5), 1714–1728. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.10318
Section
Articles

References

Adinda, A. (2016). Kecerdasan Emosional dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 4(2), 117–131.

Anggraini, J. T. (2020). Pengaruh Antara Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMKS 15 Kota Bengkulu. Skripsi: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, 1–123. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Ena, Z., & Djami, S. H. (2020). Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota. Jurnal Among Makarti Vol.13, 13(2), 68–77. https://doi.org/10.52353/ama.v13i2.198

Ermianto, E. (2022). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 29,39.

Faizi, M. F. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Islam Babussalam Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 224–234. http://52.221.78.156/index.php/pendas/article/view/1110 . diakses 17 November 2020 pukul 14.31.

Farhan, M., Hakim, A. R., & Apriyanto, M. T. (2022). Kontribusi Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 417–428.

Goleman, D. (2006). Emosional Inteligence. In Jakarta: Gramedia Pustaka.

Halawa, F. A., & Fensi, F. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosi, Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Belajar dan Dampaknya Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2), 98–111.

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1352–1358.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal Of Education, 7(1), 193–204.

Munte, B., & Samosir, D. H. (2019). Hubungan Keerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Siswa (Kasus SMP Swasta HKBP Pematangsiantar). Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(3), 165–178. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/view/1295

Nurdiansyah, E. (2017). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of EST, 2(3), 171–184.

Nurlaeliah, R., Prasetyo, T., & Firmansyah, W. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Caringin. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 13(01), 37–54. http://journal.unimma.ac.id/index.php/edukasi/article/view/5044/2378

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Risdayanti, R., & Duryati, D. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Siswa yang Bersekolah Tatap Muka Pada Masa Pandemi Covid-19. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(2), 502–510.

Sinaga, I. T. D., Rahan, N. W. S., & Azahari, A. R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Kahoot terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN Nanga Bulik 6 Kabupaten Lamandau. Journal of Environment and Management, 3(1), 55–61. https://doi.org/10.37304/jem.v3i1.4286

Subagiyo, E. P. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa SMA. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Malang. http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/60261

Thaib, E. N. (2013). Hubungan antara Prestasi Belajar dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 13(2), 384–399.

UUD RI No. 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang Republik Indonesia, 1, 1–5.