Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3

Main Article Content

Ginung Pratidina
Julia Amanta
Elsya Aldha Febiantina
Hesa Ramadhani

Abstract

Program Kampus Merdeka yang dicanangkan Mendikbud merupakan kelanjutan dari konsep merdeka belajar. Kebijakan kampus merdeka ini merupakan langkah awal mahasiswa untuk melepaskan belenggu agar lebih mudah bergerak. Mahasiswa diberikan hak untuk menjadi lulusan yang tangguh, mampu memenuhi kebutuhan zaman, dan menjadi pemimpin yang mempunyai semangat kebangsaan yang tinggi. Salah satu kebijakan yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). PMM ini merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswa diluar program studinya, yang memberikan wadah bagi mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan selama satu semester di Universitas diluar pulau. Selain untuk menciptakan suasana belajar yang baru, program ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman yang baru. Ketika mengikuti kegiatan tersebut, mahasiswa akan berkesempatan untuk belajar keragaman budaya nusantara melalui kegiatan Modul Nusantara dengan dialog yang dibangun oleh mahasiswa karena adanya berbagai latar belakang yang berbeda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara membuat kuisioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa pandangan terkait apa motivasi mereka dalam keikutsertaan Program Pertukaran Mahasiswa Batch 3 pada semester ini. Beberapa diantara mereka memiliki motivasi yang bisa kami simpulkan bahwa sebagian dari mereka memiliki motivasi terkait kebutuhan mereka baik dalam bentuk fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, dan aktualisasi diri mereka. Kegiatan Program PMM Batch 3 ini memberikan motivasi tersendiri bagi setiap mahasiswa dengan pandangan yang berbeda, karena sebagian dari mereka merasakan manfaat yang pastinya tidak mereka dapatkan di perguruan tinggi asal mereka. Motivasi dalam kegiatan Program PMM Batch 3 ini adalah hal penting yang harus ditanamkan dalam diri mahasiswa.

Article Details

How to Cite
Pratidina, G. ., Amanta , J. ., Febiantina, E. A. ., & Ramadhani, H. . (2024). Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 3. Karimah Tauhid, 3(3), 3012–3024. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i3.12389
Section
Articles

References

Andjarwati, T. (2015). Teori Motivasi Mahasiswa, Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. Ilmu Ekonomi & Manajemen, 48.

Anisa Dwi Astuti, Kholisoh Kholisoh, Saniyyah Cinta Frandista. "Kontribusi Sosial Mahasiswa Inbound Universitas Khairun Dalam Menjaga Kebersihan Pantai Kelurahan Koloncucu", SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 2023.

Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pendidikan dan Konseling, 1106 - 1110.

Betty Kusumaningrum, Krida Singgih Kuncoro, Riawan Yudi Purwoko, Aprilia Nurul Chasanah et al. "Apakah Penerapan Program MBKM dapat Meningkatkan Hard Skills Mahasiswa?", EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2022.

Eko Sri Wahyuni. "Quantum Learning Dengan Teknik Mind Map Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Histologi-Embriologi", Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2013.

Elizabeth Simatupang, Indrawati Yuhertiana. "Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur", Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2021.

Fira Juniar, F. d. (2022). Motivasi Mahasiswa Dalam Keikutsertaan Pada Program Pertukaran Mahasiswa Batch 2. Administrasi Publik, 2 - 6.

Gomer Ikhtiar Gulo, P. S. (2023). Analisis Kepuasan Kegiatan Mahasiswa Pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2. Community Development journal. 3000 - 3002

Sanggam Pardede, Dearlina Sinaga, dkk. (2023). Analysis Of Student Perception Of Course Conversion At Origin University. Jurnal Pendidikan IPS

Zainnur Wijayanto, I. G. (2023). Motivasi Mahasiswa Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Progressive of Cognitive and Ability, 2, 213 - 224.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>