Implementasi Kebijakan Program Kampus Mengajar (MBKM)

Main Article Content

Afmi Apriliani
Annisa Nursyahrani
Berkat Selamat Harefa
Elsya Aldha Febiantina
Siti Resa Nurjanah

Abstract

Tuntutan pada  era globalisasi yang sangat pesat ini, menjadi ancaman bagi keunggulan Sumber Daya Manusia yang menjadi acuan pada perkembangan setiap sektor, tanpa pengecualian dalam bidang pendidikan, negara menyatakan pendidikan merupakan faktor penting dalam keberhasilan masa depan. Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A sebagai menteri pendidikan mengeluarkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), program ini menjadi langkah awal setiap perguruan tinggi dalam mempersiapkan  mahasiswa nya menjadi sarjana yang ahli di bidang ilmu, teknologi, dan berkarakter. Kampus Mengajar  merupakan bagian dari salah satu program  MBKM  yang memiliki tujuan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan meningkatkan keahlian diri  melalui kegiatan diluar pembelajaran perkuliahan. Ditjen Dikti menyusun program Kampus Mengajar MBKM sebagai solusi untuk permasalahan yang timbul selama masa covid-19 yang melaksanakan pembelajaran secara daring. Program kampus mengajar ini bertujuan untuk membantu mahasiswa yang ingin bekerja sama dalam kegiatan penambahan ilmu dengan sekolah dari segala tingkat. Memberdayakan mahasiswa yang akan berkolaborasi dengan sekolah. Dalam proses penyusunan artikel penulis menggunakan metode penelitian kajian literatur dengan mengumpulkan beberapa jurnal lalu diteliti dan diolah sehingga menjadi tulisan artikel.

Article Details

How to Cite
Apriliani, A. ., Nursyahrani, A., Harefa, B. S., Febiantina, E. A., & Nurjanah, S. R. (2024). Implementasi Kebijakan Program Kampus Mengajar (MBKM). Karimah Tauhid, 3(2), 2401–2411. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12101
Section
Articles

References

Alawi, D., Sumpena, A., Supiana, S., & Zaqiah, Q. Y. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pasca Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5863-5873.

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan 1 program merdeka belajar kampus merdeka di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dan kewirausahaan, 9(1), 210-219.

Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi program kampus mengajar sebagai ruang kontribusi mahasiswa terhadap pendidikan dasar di Indonesia. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17(2), 120-128.

Suwanti, V., Suastika, I. K., Ferdiani, R. D., Harianto, W., & Ketut Suastika, I. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program Mbkm Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(3), 814-822.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2).

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>