Administrasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ)

Main Article Content

Afmi Apriliani
Kevin Ginaldo
Muhammad Yusuf Goris Seran

Abstract

Secara etimologis, Istilah Administrasi berasal dari bahasa Latin, diambil dari kata "Ad" yang artinya intensif, dan "ministrare" yang memiliki arti melayani, membantu, dan memenuhi. Dalam bahasa Inggris, istilah ini dikenal sebagai "administration." Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Administrasi melibatkan usaha dan kegiatan yang terkait dengan menetapkan tujuan dan metode pembinaan organisasi. Ini mencakup kegiatan terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan serta operasi kantor dan administrasi umum. Administrasi mencakup perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan kantor, dan juga melibatkan koordinasi individu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan situasi sebagaimana adanya tanpa mengubah atau memodifikasi elemen yang sedang dipertimbangkan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, dengan analisis deskriptif sebagai pendekatan umum. Landasan teori berfungsi sebagai panduan untuk mengarahkan penelitian ke topik yang mendasar. Proses administrasi surat pertanggungjawaban (SPJ) melibatkan serangkaian langkah, mulai dari persiapan dokumen hingga penyelesaian proses pertanggungjawaban keuangan. SPJ memiliki peran penting dalam memastikan transparansi keuangan, memberikan gambaran yang jelas tentang penggunaan dana atau anggaran. Hal ini menjamin transparansi dalam pengelolaan keuangan dan memungkinkan pihak terkait untuk memahami dengan jelas bagaimana dana telah dikelola.

Article Details

How to Cite
Apriliani, A. ., Ginaldo, K. ., & Seran, M. Y. G. . (2024). Administrasi Surat Pertanggung Jawaban (SPJ). Karimah Tauhid, 3(1), 673–681. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11627
Section
Articles

References

Anggeraini Putri. (2021). BUKU-PANDUAN-SPJ_BPKAD.

Lukmanul Hakim, I., & Fitriani, L. (2016). Perancangan Sistem Informasi Laporan Surat Pertanggungjawaban Belanja Operasional Di Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan Kecamatan Banyuresmi.

Perkantoran, A., Diah, /, & Sutha, W. (2018). jil., 17 × 24 cm (Vol. 160).

Wati, S. M., & Nugraheni, A. P. (2020). Analisis Faktor Penghambat Penyusunan SPJ Pengeluaran Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Magelang. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 232–239.

Grager, Arthur. (1958). Administrasi: Fungsi Tata Penyelenggaraan.

Terry, George. (1996). Principles of Management. McGraw-Hill.

Siagian, Sondang P. (2008). Teori Administrasi: Fungsi Perekayasaan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>