IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT- DD ) PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Agung M Yusup
Nina Septiani Aripin
Nurhasanah Azizah
Afmi Apriliani

Abstract

Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah respons cepat  pemerintah agar meminimalisir pengaruh COVID-19 terhadap masyarakat pedesaan. Pada tahap awal implementasinya, muncul permasalahan, termasuk demonstrasi masyarakat terhadap pejabat daerah yang dianggap gagal menerapkan kebijakan BLT di desa. Artikel ini bertujuan menganalisis permasalahan-permasalahan tersebut untuk mengidentifikasi permasalahan dan tantangan yang dapat dijadikan bahan perbaikan. Metode penulisan yang digunakan dalam artikel ini merupakan studi literatur. Hasil studi literatur menjelaskan bahwa permasalahan dalam implementasi kebijakan desa BLT setidaknya melibatkan tiga faktor: kapasitas pemerintah, sasaran yang tepat, dan prosedur pelaksanaannya. Sedangkan tantangan dalam mengeksekusi kebijakan desa BLT adalah proporsionalitas dana desa dan sistem tanggung jawab masyarakat dalam memanfaatkan dana tersebut.

Article Details

How to Cite
Yusup, A. M., Aripin, N. S., Azizah , N. ., & Apriliani , A. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DANA DESA (BLT- DD ) PADA MASA PANDEMI COVID-19. Karimah Tauhid, 3(2), 1950–1961. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11994
Section
Articles

References

Iskandar, J.2012. Kapita Selekta teori Administrasi Negara Bandung : Puspada Publik. Gava Media. Yogyakarta.

Thoha, M. 2012. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Wahab, A.S. 2005. Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara. Bumi Aksara. Jakarta.

Nugroho, 2017. Public Policy. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Winarno, 2016. Kebijakan Publik. CAPS (Center of Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Supandi, D., Wasistiono, S., Madjid, U., & Pitono, A. (2023). Implementasi Kebijakan Gerakan Membangun Desa di Provinsi Jawa Barat. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 17(5), 3731-3758.

Zedd (2004) dalam Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Van Meter dan Van Horn dalam Permatasari, Iman Amanda. "Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan)." TheJournalish: Social and Government 1.1 (2020): 33-37.

Thomas R Dye dalam Suaib, Hermanto, et al. Pengantar Kebijakan Publik. Humanities Genius, 2022.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.