Menciptakan Good Governance melalui Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat

Main Article Content

Neni Nuraeni
Refina Nurhazizah
Shifa Nursahwa
Afmi Apriliani

Abstract

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa pelayanan kesehatan merupakan salah satu pelayanan yang memerlukan improvement dari pemerintah guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan dengan kualitas terbaik, karena dalam hal ini pelayanan kesehatan memiliki peran penting dalam menciptakan generasi muda atau SDM yang berkualitas. Disamping itu karena kualitas pelayanan kesehatan yang tidak optimal mengakibatkan banyak nya masyarakat yang memilih melakukan pengobatan ke luar negri, pada makalah ini kami akan meneliti tentang kualitas pelayanan kesehatan untuk terciptanya Good Governance, karena pada kenyataan nya tingkat pelayanan publik di Indonesia ini masih di bawah negara-negara tetangga, meskipun tidak semua namun melalui pengembangan dan perbaikan kualitas pelayanan  kesehatan, memberikan dampak baik bagi masyarakat dan nama baik birokrasi di Indonesia, dimulai dari bagaimana pemerintah dapat membenahi birokrasi melalui pelayanan publik untuk mewujudkan Good Governance. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan prinsip-prinsip Good Governance dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, disamping itu adanya budaya kerja yang baik dari pegawai dan memiliki rasa tanggung jawab, empati dan simpati dalam melayani masyarakat khususnya dalam dunia kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan kesehatan, melalui metode penelitian Literatur atau Studi Pustaka data diperoleh melalui E-book dan Jurnal Ilmiah, kemudian data yang diperoleh dianalisis berdasarkan aspek-aspek yang kami pilih seperti Kualitas pelayanan kesehatan, Birokrasi Pemerintahan, Pelayanan Publik dan empati. Kemudian kami tuangkan dalam sebuah kalimat yang saling berkaitan.

Article Details

How to Cite
Nuraeni, N., Nurhazizah, R., Nursahwa, S., & Apriliani, A. . (2024). Menciptakan Good Governance melalui Pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat . Karimah Tauhid, 3(2), 2412–2423. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.12005
Section
Articles

References

Ananda, R., Damayanti, R., & Maharja, R. (2023). Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan. Jurnal Keperawatan Profesional (KEPO), 4(1), 9–17. https://doi.org/10.36590/kepo.v4i1.570

Arisandy, W. (2015). Strategi Dinas Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan melalui Metode CRC ( Citizen Report Card ) di Kota Surabaya. Jurnal Meningkatkan Kualitas Kehatan, 3(2), 12–23.

Cruz, A. P. S. (2013). MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI STANDAR PELAYANAN MINIMAL (SPM) DINAS KESEHATAN KOTA GORONTALO Asna. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Harahap, Desy Ramadhani; Utami, T. N. (2021). DOI: http://dx.doi.org/10.33846/sf12211 Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi COVID-19 di Kota Binjai Desy Ramadhani Harahap. 12(April), 2019–2022.

Irmawati, S. (2017). Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. Jurnal Katalogis, 5(1), 188–197.

KEMENTRIAN kESEHATAN. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.

Listiyana, I., & Eunike Raffy Rustiana. (2014). Analisis Kepuasan Jaminan Kesehatan Nasional Pada Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Semarang. Unnes Journal Public Health, 3(1), 1–10.

Maryam, N S . (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume VI No. 1/Juni 2016.

Pundenswari, P. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 13–21. www.jurnal.uniga.ac.id

Riyani, D., Larashat, I., & Juhana, D. (2021). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Majalah Bisnis & IPTEK, 14(2), 94–101. https://doi.org/10.55208/bistek.v14i2.23

Saptawan, A., & Nengyanti. (2014). Efektivitas Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat. Jurnal Imu Administrasi Negara, 12 (4), 241–255. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=180146&val=2287&title=EFEKTIVITAS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT

Trisnantoro, L. (2005). Good Governance dan Sistem Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan.Mutupelayanankesehatan.Net.https://mutupelayanankesehatan.net/images/Forum_Mutu/Tahun_2005/Laksono-Santika3.pdf

Turner, L. G. (2011). Quality in health care and globalization of health services: Accreditation and regulatory oversight of medical tourism companies. International Journal for Quality in Health Care, 23(1), 1–7. https://doi.org/10.1093/intqhc/mzq078

Widanti, N. P. T. (2022). Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan

Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 73–85. https://doi,org/10.54783/ap.v3i1.11

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>