Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor

Main Article Content

Euis Munawaroh
Gotfridus Goris Seran
Afmi Apriliani

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan guna untuk mengevaluasi kemajuan mutu SDM (sumber daya manusia) di Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor dengan menggunakan Indeks Pembangunan Manusia sebagai alat ukur. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan deksriftif untuk menggambarkan secara rinci kondisi dalam meningkatkan kemajuan kualitas penduduk Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Populasi yang terlibat 3.646 Kartu Keluarga, dengan pemilihan sampel sebanyak 98 responden penerima bantuan PKH yang berada dalam wilayah Kecamatan Tenjo dari 9 Desa yaitu Ciomas, Tapos, Batok, Babakan, Bojong, Singabraja, Singabangsa, Tenjo, dan Cilaku. Pemilihan sampel penelitian secara acak dengan metode simple random sampling. Pengumpulan informasi bisa terkumpul melalui hasil observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Adapun hasil pengumpulan informasi yang terkumpul kemudian diolah dengan mempertimbangkan respon dari responden terhadap kuesioner. Proses ini melibatkan penggunaan rumus Weight Mean Score/WMS sebagai alat analisis yang memberikan bobot penilaian pada setiap respon dari responden dan adanya kriteria penilaian. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kualitas sumber daya manusia di Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor telah berhasil mencapai kategori “Sangat Baik” dan skor akhir 4,25. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendamping PKH (Program Keluarga Harapan) telah menjalankan tugas dan fungsi mereka telah optimal. PKH (Program Keluarga Harapan) juga terbukti memberikan kontribusi signifikan dalam tingkatkan potensi mutu SDM (sumber daya manusia) di Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Meskipun demikian, penelitian menyoroti beberapa aspek yang perlu ditingkatkan paling utama terkait harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah. Oleh karena itu, mengharapkan Pemerintah Kecamatan Tenjo mendorong partisipasi dalam meningkatkan akses pendidikan, serta mengitensifkan upaya untuk memastikan bahwa anak-anak dari keluarga penerima manfaat program tersebut dapat melanjutkan pendidikan.

Article Details

How to Cite
Munawaroh, E. ., Seran, G. G. ., & Apriliani, A. . (2024). Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia di Kecamatan Tenjo Kabupaten Bogor. Karimah Tauhid, 3(2), 1435–1448. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11722
Section
Articles

References

Anggraini, Y. (2018). Kebijakan Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Di Indonesia. Jakarta : Indocamp.

Benjamin, Dkk. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Teori, Dimenai Pengukuran dalam Organisasi (Cetakan ke 1). Yogyakarta: Zahir Publishing.

Badan Pusat Statistika Kabupaten Bogor. (2023). Kabupaten Bogor Dalam Angka Bogor Regency In Figure 2023. Bogor: BPS KABUPATEN BOGOR/BPS-Statistics of Bogor Regency.

Dinas Kependudukan Kabupaten Bogor. (2022). Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK). Bogor: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor.

Notoatmojo, S. (2015). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Pesawaran, B. P. (2017). Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Pesawaran 2016/2017. Pesawaran: Badan Pusat Statistik.

Priyanto, M. (2016). Penerapan Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kecamatan Tamale Kota Makasar. Skripsi. Makasar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar.

Rusdyi, A. H. (2015). Pengaruh Program Keluarga Harapan (PKH) Terhadap Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Di Kabupaten Pidie. Jurnal Ilmu Ekonomi Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, Volume 3, No. 2, Mei 2015.

Sri Lindawati, S. (Bogor). Analisis Implementasi Program Keluarga Harapan Terhadap Peningkatan Kualitas Kesehatan & Pendidikan Keluarga. Jurnal Ekonomi Agrikultural, Institut Pertanian Bogor.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

UNDP. (1997). Human Development Report. New York: United Nations Development.

Yusril Abdullah Rumasera, J. A. (2023). Pengaruh SDM Terhadap Peningkatan Angka Graduasi Mandiri KPM-PKH Di Kecamatan Wuarlabobar Kabupaten Kepulauan. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Saumlaki.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>