Efektifitas Pembangunan Pemeliharaan Infrastuktur Irigasi Kelas A Wilayah III

Main Article Content

Sulaeman
Ginung Pratidina
R Akhmad Munjin

Abstract

Infrastruktur irigasi merupakan elemen penting dalam mendukung keberhasilan usaha pertanian, terutama dalam budidaya tanaman padi. Namun, seringkali infrastruktur ini tidak dioptimalkan dengan baik oleh para petani, yang mungkin disebabkan oleh peran terbatas mereka dalam pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur irigasi. Pemenuhan kebutuhan air dalam pertanian, mulai dari hulu hingga hilir, memerlukan sarana dan prasarana irigasi yang memadai, seperti bendungan, saluran primer dan sekunder, dan berbagai bangunan terkait lainnya. Kerusakan pada komponen infrastruktur irigasi dapat mengganggu kinerja sistem secara keseluruhan, mengurangi efisiensi dan efektivitas irigasi. Pemerintah Kabupaten Bogor, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, telah melakukan upaya untuk memacu pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur irigasi di Desa Cisalada sebagai respons terhadap bencana tanah longsor yang merusak saluran irigasi dan mempengaruhi kegiatan pertanian masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur irigasi kelas A Wilayah III Kabupaten Bogor, dengan fokus pada Desa Cisalada. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan mengukur efektivitas program dengan menggunakan indikator seperti ketepatan sasaran, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang sejauh mana program pembangunan infrastruktur irigasi telah berhasil mencapai tujuannya, serta memahami peran penting masyarakat dalam menjaga keberlanjutan program ini dalam mendukung pertanian berkelanjutan di daerah tersebut.

Article Details

How to Cite
Sulaeman, Pratidina, G., & Munjin, R. A. (2024). Efektifitas Pembangunan Pemeliharaan Infrastuktur Irigasi Kelas A Wilayah III . Karimah Tauhid, 3(1), 452–464. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11675
Section
Articles

References

Bungin, M. Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hidayat, Dadang. 2019. “Efektivitas Pengembangan Fungsi Saluran Irigasi Oleh Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Di Desa 2643 Cibenda Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran” dalam Jurnal Moderat Vol. 5 No. 4 (Hal. 431-448). Ciamis : Universitas Galuh.

Muttofi’ah. 2020. “Efektivitas Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas)”. Jurnal. Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Burhanudin Kiay. 2019. Efektivitas Pelaksanaan Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan di Desa Bulude Kec.Kabarauan Kab.Kepulauan Taulud. Jurnal Administrasi Negara ,Sulawesi Utara.

Cut Nanda Keusuma, and Suriani. 2015. Pengaruh Pembangunan Infrastruktur Dasar Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembangunan vol.4 No.1. Direktorat Jendral Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum Pedoman Pelaksanaan PPIP, Tahun 2011, 2013 dan tahun 2014

Edi Suharto. 2014. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial (bandung : PT Refika Aditama).

Fariani, Dina, 2014. Efektivitas Percepatan Pembangunan Infrastruktur Kelurahan di Kota Cilegon.Skripsi.Serang

Fandi, Sagai, 2014. Peran Pemerintah Desa Dalam Pembangunan Infrastruktur. Erlangga: Jakarta.

Khadafi, Mutiarin. Journal of Governance AndPublic Policy, Vol.4, No.2, 2017: Efektivitas Program Bantuan Keuangan KhususDalam Mengentaskan Kemiskinan di KabupatenGunungkidul. Yogyakarta.Magister Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Lestari, AF. 2016. Pengaruh Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Mitsubishi Chemical Indonesia (MCCI)Terhadap Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan Gerem Kecamatan Grogol Kota Cilegon. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Fauzyah Rahmah, dan Ari Subowo. Implementasi Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) Di Desa Wiru Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang. Departemen administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro, 2017

Thirafi, Muhammad Aulia Zul (2013). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Ketersediaan Tenaga Kerja, Infrastruktur, dan Kepadatan Penduduk terhadap Penanaman Modal Asing di Kabupaten Kendal (Jurnal). Semarang: Universitas Negeri Semarang

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>