Karakteristik Komunikasi Kelompok di Sosial Media Discord

Authors

  • Muhamad Chikal Fajar Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda
  • Agustina Multi Purnomo Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12757

Keywords:

Komunikasi virtual, media sosial, vtuber moona hoshinova

Abstract

Komunikasi virtual melalui platform media sosial Discord memberikan pengalaman unik bagi penggunanya. Interaksi sosial di dalamnya menciptakan ruang bagi komunitas virtual untuk berbagi minat dan hobi yang sama. Sebagai contoh, sejumlah penggemar vtuber Moona Hoshinova membentuk sebuah komunitas virtual di Discord. Penelitian ini bertujuan untuk memahami karakteristik komunikasi dalam kelompok yang terbentuk dari penggunaan vtuber Moona Hoshinova. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan melibatkan lima informan yang memiliki minat pada vtuber tersebut.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas virtual yang terbentuk memudahkan para penggemar Moona Hoshinova untuk berinteraksi dan berkumpul, hanya dengan menggunakan perangkat smartphone atau komputer. Discord menyediakan fitur-fitur seperti kanal teks dan kanal suara yang memfasilitasi komunikasi antar anggota. Meskipun demikian, penelitian ini juga menemukan berbagai aktivitas sosial di dalam komunitas tersebut, menunjukkan bahwa interaksi antar anggota mencerminkan dinamika sosial yang sama seperti komunitas konvensional di luar dunia virtual.

References

Aesthetika, N. M., & Rizal, M. S. (2022). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Discord Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Pecinta Film. Medium, 10(1), 19-27.

Alyusi, S. D. (2019). Media Sosial: Interaksi, Identitas Dan Modal Sosial. Jakarta: Prenada Media.

Djelantik, S., Indraswari, R., Triwibowo, A., & Apresian, S. R. (2015). Komunikasi Internasional Dalam Era Informasi Dan Perubahan Sosial Di Indonesia. Research Report-Humanities And Social Science, 2., 2.

Iko, C. H. (2021). Etika Komunikasi Netizen Di Media Sosial Instagram Dalam Pandangan Islam (Doctoral Dissertation, ). Lampung: Uin Raden Intan Lampung.

Irfan, M. (2017). Metamorfosis Gotong Royong Dalam Pandangan Konstruksi Sosial. . Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,, 4(1), 1-10.

Liudmila, B. (2020). Designing Identity In Vtuber Era. . Proceedings Of Laval Virtual Vric Convrgence, 182-184.

Lukito, A. R., Utamidewi, W., & Nayiroh, L. (2022). Pola Komunikasi Komunitas Game Online Forza Horizon 4 (Studi Etnografi Virtual Mengenai Pola Komunikasi Dalam Grup Discord). Jurnal Heritage, 10(1), 17-26.

Nurhadi, Z. F. (2017). Teori Komunikasi Kontemporer. Jakarta: Prenada Media.

Suciyana, A. (2021). Studi Deskriptif Kualitatif Interpersonal Relations Pada “Grup Sans” Melalui Aplikasi Discord Dalam Meningkatkan Solidaritas Tahun 2020. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Tirto, G. (2023). Pola Komunikasi Antar Pemain Komunitas “Aneka Jajanan” Pada Permainan Ragnarok Online. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Wenger, E., Mcdermott, R., & Snyder, W. M. (2002). Seven Principles For Cultivating Communities Of Practice. Cultivating Communities Of Practice: A Guide To Managing Knowledge, 4, 1-19.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Fajar , M. C. ., Kusumadinata, A. A., & Purnomo , A. M. (2024). Karakteristik Komunikasi Kelompok di Sosial Media Discord . Karimah Tauhid, 3(4), 4164–4171. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12757
Abstract viewed = 26 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>