PENINGKATAN DAN LEGALISASI TES KOSA KATA PRODUKTIF INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BOGOR ‘ JOURNAL OF ENGLISH LANGUAGE, LITERATURE AND, CULTURE ‘.

Authors

  • Syifa Salma Nur Universitas Djuanda
  • Siti Salwa Sabilla Hasan Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9376

Keywords:

kosakata produktif, bahasa Inggris, siswa, Sekolah Dasar, Kabupaten Bogor, tes, validasi, konstruktivisme

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya kosakata produktif dalam bahasa Inggris sebagai salah satu aspek penting yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Namun, masih banyak siswa di Indonesia, seperti di Sekolah Dasar, yang mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai kosa kata bahasa Inggris yang produktif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memvalidasi tes kosa kata bahasa Inggris yang produktif untuk siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bogor. Landasan teori yang digunakan adalah konstruktivisme yang menekankan bahwa belajar terjadi melalui interaksi aktif antara siswa dengan lingkungan dan bahwa siswa harus membangun pengetahuannya sendiri melalui proses belajar yang bermakna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan berbasis kualitatif (R&D) dengan menggunakan siswa kelas V sebagai partisipan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes kosa kata produktif bahasa Inggris yang dikembangkan valid dan reliabel serta dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menghasilkan kosa kata bahasa Inggris. Penelitian ini memiliki arti penting dalam pengembangan kurikulum dan program pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SD pada umumnya, khususnya dalam pengembangan instrumen pengukur kemampuan kosa kata bahasa Inggris siswa. Selain itu, tes kosa kata produktif bahasa Inggris yang valid dan andal juga dapat membantu guru bahasa Inggris di Sekolah dasar yang berada di kabupaten Bogor ini memiliki instrumen yang efektif dan tepat untuk mengukur kemampuan kosa kata bahasa Inggris siswa dan memfasilitasi proses evaluasi dan peningkatan program pembelajaran bahasa Inggris di sekolah.

References

Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1375

Kustanti, D., & Prihmayadi, Y. (2017). PROBLEMATIKA BUDAYA BERBICARA BAHASA INGGRIS Dewi Kustanti Yadi Prihmayadi. Jurnal Al-Tsaqafa, 14(01), 172.

Sugiyono. (2015). Daftar Pustaka Daftar Pustaka. Pemikiran Islam Di Malaysia: Sejarah Dan Aliran, 20(5), 40–43. https://books.google.co.id/books?id=D9_YDwAAQBAJ&pg=PA369&lpg=PA369&dq=Prawirohardjo,+Sarwono.+2010.+Buku+Acuan+Nasional+Pelayanan+Kesehatan++Maternal+dan+Neonatal.+Jakarta+:+PT+Bina+Pustaka+Sarwono+Prawirohardjo.&source=bl&ots=riWNmMFyEq&sig=ACfU3U0HyN3I

Utami, W., Sya, M. F., & Hidayat, A. (2022). Developing English learning material for grade 4 students. LADU: Journal of Languages and Education, 2(6), 231–240. https://doi.org/10.56724/ladu.v2i6.144

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Salma Nur, S., & Siti Salwa Sabilla Hasan. (2023). PENINGKATAN DAN LEGALISASI TES KOSA KATA PRODUKTIF INGGRIS UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BOGOR ‘ JOURNAL OF ENGLISH LANGUAGE, LITERATURE AND, CULTURE ‘. Karimah Tauhid, 2(5), 1878–1891. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i5.9376
Abstract viewed = 9 times