Penggunaan Youtube sebagai Sarana untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Inggris

Authors

  • Naya Sabrina Sabrina Universitas Djuanda
  • Siti Nurazizah Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11262

Keywords:

English, learning media, Youtube

Abstract

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang penting dalam komunikasi global. Namun, masih banyak mahasiswa yang belum menguasai bahasa Inggris. Walaupun Penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi semakin mendominasi dalam era globalisasi, Salah satunya pemanfaatan platform berbagi video seperti Youtube dalam pembelajaran bahasa Inggris. Akan tetapi terdapat perbedaan dalam sejauh mana efektivitasnya pada berbagai kelompok mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami penggunaan platform Youtube sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman bahasa Inggris, dalam era digital ini Youtube telah menjadi sumber belajar yang populer bagi banyak individu yang ingin memperdalam kemampuan berbahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode wawancara terhadap mahasiswa prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Djuanda Bogor. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang efektivitas Youtube sebagai alat pembelajaran bahasa Inggris, faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan, dan rekomendasi untuk pengembangan sumber daya belajar online yang lebih baik.

References

Kusumaningrum, H., Unik Hanifah Salsabila, Nanik Rahmanti, Istiani Nur Kasanah, & Dian Sidik Kurniawan. (2022). Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1). https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.223

Lestari, R. (2017). Pengunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, 1, 633–640. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9613.pdf/?sequence=1&isAllowed=y

Maulana, Sya, M. F., Mawardini, & Yunianika. (2023). Open access under CC BY NC SA Youtube as a Media for Developing English Proficiency: Experiments on Elementary School Students in Indonesia. Jurnal Pendidikan, 24(2), 93–100. https://doi.org/10.33830/jp.v24i2/6150.2023

Munadzdzofah, O. (2018). PENTINGNYA BAHASA INGGRIS, CHINA, DAN JEPANG SEBAGAI BAHASA KOMUNIKASI BISNIS DI ERA GLOBALISASI. VOCATIO : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari, 1(2), 58–73. http://journal.wima.ac.id/index.php/VOCATIO/article/view/1634

Nurani, A. F., Febriani Sya, M., & Yektyastuti, R. (2019). Efektivitas penggunaan picture series dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris siswa. Journal Pendidikan Indonesia, 2(1).

Sya, M. F., Anoegrajekti, N., Dewanti, R., & Isnawan, B. H. (2022). Exploring the Educational Value of Indo-Harry Potter to Design Foreign Language Learning Methods and Techniques. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21(10), 341–361. https://doi.org/10.26803/ijlter.21.10.19

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020a). Pemerataan Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa Inggris Sekolah Dasar Indonesia. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 71. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2348

Sya, M. F., & Helmanto, F. (2020b). Writing Poster at Higher Education: Victor Schwab Theory Analysis. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 12(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/w.v12i1.7585

Yulia, Y. (2017). Kebutuhan Mahasiswa PGSD terhadap Mata Kuliah Bahasa Inggris. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3(3).

Downloads

Published

2024-01-08

How to Cite

Sabrina, N. S., & Nurazizah, S. . (2024). Penggunaan Youtube sebagai Sarana untuk Meningkatkan Pemahaman Bahasa Inggris. Karimah Tauhid, 3(1), 803–828. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i6.11262
Abstract viewed = 100 times

Most read articles by the same author(s)