Penggunaan 2 Metode untuk Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD

Authors

  • Siti Selvia Nurahma Universitas Djuanda
  • Natasya Azzahra Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13226

Keywords:

metode, pengembangan, pembelajaran, Bahasa inggris

Abstract

Bahasa Inggris adalah alat komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang dari negara lain. Karena itu, penting bagi siswa sekolah dasar untuk mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris. Namun, pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar seringkali menantang bagi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran bahasa Inggris siswa sekolah dasar dengan menerapkan dua metode, yaitu metode grammar translation dan metode langsung. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa dalam berbicara, membaca, mendengarkan, dan menulis. Penelitian ini menggunakan metode observasi persentase di kelas PGSD serta penelitian literatur dengan mengkaji jurnal atau artikel yang relevan. The grammer translation method adalah pendekatan di mana guru menerjemahkan bahasa asing ke bahasa ibu selama proses pembelajaran. Sementara itu, metode langsung adalah jenis pendekatan di mana guru mengajar bahasa Inggris tanpa menerjemahkannya ke dalam bahasa ibu.

References

Ajiza, M., & Rahman, A. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 215–220. http://ojs.stiami.ac.id

alek. (n.d.). Persefektif Baru Pengajaran Bahasa Inggris melalui Direct Method.

Dalilah, W. K., & Sya, M. F. (2022). Problematika Berbicara Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 1).

dasopang, darwis, muhammad. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2).

Etnografi. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar.

Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. In Karimah Tauhid (Vol. 1).

Hulu, F. (2018). Efektifitas direct method dalam peningkatan kemampuan bahasa inggris mahasiswa. In Jurnal Basis (Vol. 5).

Kata Bahasa, J., & Pembelajarannya, dan. (2019). Grammar Translation Method (GTM): Efektifitas Pembelajaran Aspek Membaca dan Menulis dalam BIPA.

kuta, nafsiehul, & Ardianingsih, febrita. (n.d.). Metode Langsung (Direct Method) 2 Terhadap pembelajaran makna kata pada anak autis.

Mainandir, L., & Suri, M. (n.d.). Penggunaan Metode Grammar Translation Method Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Descriptive Using The Grammar Translation Method To Improve Writing Ability In Descriptive Text. Journal of Education Science (JES), 8(2), 2022.

Muliadi, M. (2022). Penerapan Grammar Translation Method (GTM) dalam meningkatkan Writing Skill-97 PENERAPAN GRAMMAR TRANSLATION METHOD (GTM) DALAM MENINGKATKAN WRITING SKILL (WS) DAN SELF-DEVELOPMENT (SD) SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) NW MENGKURU.

Munisah, E. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar melalui Program Teras Belajar.

Murti, tyara, pryanggita. (2018). Penerapam Program Literasi Berbasis Grammer Translation Method (GTM).

Nadliratul Afrida, F. (n.d.). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Inggris Kelas 3 MI/SD Berbasis Islami. https://doi.org/10.35878/guru/v1.i2.300

Pembelajaran, H., Inggris, B., Sekolah, D., Hartin, D., Pendidikan, D., Kebudayaan, D., & Kendari, K. (2017). Pembelajaran Bahasa Inggris ….

putri, anindita,danis, & Sya, F. M. (2022). kemampuan pengucapan bahasa inggris di tingkatan sekolah dasar. Karimah Tauhid, 1.

Septiara, A., Zahra, A., & Sya, M. F. (2022). Permasalah dan Solusi Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah (sd). In Karimah Tauhid (Vol. 1).

Sondakh, D. C., Febriani, M., Fakuktas, S., Islam, A., & Pendidikan Guru, D. (2022). Kesulitan Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Tingkat Sekolah Dasar. In Karimah Tauhid (Vol. 1, Issue 3).

Trisno, B., & Syawaluddin, S. (2023). Implementasi Bahasa Inggris dengan Direct Method untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Agama Islam Pada Santri Al-Hidayah Jorong Marambuang. SURAU : Journal of Islamic Education, 1(1), 15. https://doi.org/10.30983/.v1i1.6846

Yamin, M. (2017). Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tinggkat Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Syiah Kuala JURNAL PESONA DASAR, 1(5), 82–97.

Downloads

Published

2024-05-13

How to Cite

Nurahma, S. S., & Natasya Azzahra. (2024). Penggunaan 2 Metode untuk Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD . Karimah Tauhid, 3(5), 5767–5774. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13226
Abstract viewed = 18 times