Rekognisi Pengelolaan E-Commerce Dan Media Sosial Studi Kasus Kampung Perca

Authors

  • Tri Dewi Bilqis Universitas Djuanda
  • Ahmad Royani Universitas Djuanda
  • Ivana Ismia Anwar Universitas Djuanda
  • Cuhandi Universitas Djuanda
  • Silva Intan Lestari Universitas Djuanda
  • Undang Suryatna Universitas Djuanda
  • Ali Alamsyah Kusumadinata Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11682

Keywords:

E-Commerce, Media Sosial, Pemasaran Produk Lokal

Abstract

Peningkatan pemanfaatan teknologi digital dan internet telah memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk dalam konteks bisnis. Kampung Perca, sebuah komunitas lokal yang kaya akan budaya dan produk khas, perlahan mulai menyadari potensi E-Commerce dan media sosial sebagai alat untuk memperluas jangkauan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman masyarakat Kampung Perca terhadap pengelolaan E-Commerce dan media sosial melalui studi kasus. Data yang dihasilkan dari test pertama (per-test) dan test kedua (post test) akan digunakan sebagai tolak ukur dalam perubahan pemahaman pada awal peyuluhan dan setelah penyuluhan, dengan harapan memberikan panduan praktis bagi masyarakat lokal dalam meningkatkan pemasaran produk lokal mereka. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan pemberian penyuluhan kepada anggota pengurus Kampung Perca Desa Sindangsari. Hasil yang didapati dari kegiatan ini adalah peningkatan dalam pengetahuan dan pemahaman terhadap pengurus kampung perca dalam pengelolaan e-commerce dan media sosial sebagai salah satu aplikasi dalam meningkatkan perekonomian pada masyarakat.

References

Chiranthan, C. V., Krishna, P. M., & Shreyas, R. Y. (2018). Digital Mcb. Roceedings Of The 2017 International Conference On Smart Technology For Smart Nation, Smarttechcon 2017, 3(1), 1514–1518. Doi:Https://Doi.Org/10.1109/Smarttechcon.2017.8358617

Dermawansyah, M., & Rizqi, R. M. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Home Industri Kopi Cahaya Robusta Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(1), 46-51.

Friadi, J. (2022). Sosialisasi Dan Penyuluhan Strategi Pemasaran Digital Pada Umkm Baby Smart Bubur Bayi Berbasis E-Commerce. Jurnal Pengabdian Barelang, 4(1), 71–77. Doi:Https://Doi.Org/10.33884/Jpb.V4i1.4712

Khoiriya, U., Kusumadinata, A., & Hasbiyah, D. (2023). Marketing Communication Of Indigenous People's Products Through Instagram Social Media @Gerainusantara_Aman. Indonesian Journal Of Applied And Industrial Sciences (Esa), 2(5), 507–518. Doi: Https://Doi.Org/10.55927/Esa.V2i5.6008

Lovita, E., & Susanty, F. (2021). Peranan Pemahaman E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Bagi Kewirausahaan. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 18(2), 47–54. Doi:Https://Doi.Org/10.36406/Jam.V18i02.437

Malik, T., Kusumadinata, A., & Hasbiyah, D. (2023). Keragaman Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi. Karimah Tauhid, 2(1), 26-35. Doi:Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V2i1.7496

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15-20.

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce Dan Promosi Di Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17.

Qurniawati, R. S. (2018). Theoritical Review: Pemasaran Media Sosial. Among Makarti, 11(1), 17–27. Doi:Https://Doi.Org/10.52353/Ama.V11i1.159

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83. Retrieved From Http://Ejurnal.Ars.Ac.Id/Index.Php/Jiip/Article/View/130/85

Rosdiana, H., Darmastuti, S., & Kurniawan, A. (2022). Penyuluhan E-Commerce Sebagai Peluang Ekonomi Karang Taruna Desa Sukmajaya Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2(5), 171-182.

Satria, R., & Hasmawaty, A. R. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Penjualan Produk Kartuas Telkomsel Cabang Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sdm, 2(3), 160-171.

Tarihoran, J. E., Mardiani, M. I., Putri, N. D., Novareila, R. S., Sofia, A., & Prawira, I. F. (2021). Pentingnya Sosial Media Sebagai Strategi Marketing Start-Up Di Indonesia. Kreatif: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 72–78.

Yunial, A. H. (2023). Pelatihan Ecommerce Pada Industri Rumah Tangga Di Desa Dangdang Untuk Meningkatkan Pendapatan Sebagai Daya Saing Masyarakat Di Era Digital. Abdi Jurnal Publikasi, 384-388.

Yunial, A. H., Suwarno, J., & Sari, W. P. (2023). Pelatihan Ecommerce Pada Industri Rumah Tangga Di Desa Dangdang Untuk Meningkatkan Pendapatan Sebagai Daya Saing Masyarakat Di Era Digital. Abdi Jurnal Publikasi, 1(3), 384-388.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Bilqis , T. D. ., Royani, A. ., Anwar, I. I. ., Cuhandi, Lestari, S. I. ., Suryatna, U. ., & Kusumadinata, A. A. (2024). Rekognisi Pengelolaan E-Commerce Dan Media Sosial Studi Kasus Kampung Perca. Karimah Tauhid, 3(1), 549–559. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11682
Abstract viewed = 19 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.